Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda

Apply Schengen Visa (Foto: gettyimages)

*update 20 Juli 2013. Saya dapat info dari teman saya yang mau urus visa. Jika kamu sulit mendapat tanggal kosong (hijau) untuk buat janji di kedutaan Belanda. Coba buka websitenya mulai jam 6 sore wib. Jam segitu biasanya pergantian tanggal (tersedia yang hijau). Cuma ya harus rebutan, karena banyak saingannya yang juga ingin buat janji. Jadi beberapa menit sebelum jam 6 sore harus sudah stand by buka websitenya. Silakan disini https://jakarta.embassytools.com/en/index

************

Baru pertama kali ke luar negeri (LN) ko ya agak ribett (saya ulas di blog saya sebelumnya) namun thanks God semuanya telah berlalu dan berjalan dengan baik, disini saya ingin memberikan panduan mengenai langkah-langkah pengurusan Schengen Visa berdasarkan pengalaman saya yang lalu (untuk saya saat itu di kedutaan Belanda).

Secara garis besar akan sama saja untuk kedutaan Schengen Country (Prancis, Jerman, Belgia dll), saya harap pengalaman saya bisa berguna bagi Anda yang akan apply Schengen Visa.

Negara tujuan utama saya adalah Belanda, saya sudah booking tiket sejak awal Mei 2009 untuk keberangkatan 4 September 2009. Karena Tiket promo Malaysia airlines jadi tiket harus dibayar penuh dalam waktu seminggu setelah saya booking, nominalnya USD 888 nett. Jakarta-Schipol-Jakarta. Wah ternyata ada teman saya di bali bisa dapat tiket lebih murah lagi loh! :D, menggunakan promo Lufthansa Jakarta-Frankfurt-Jakarta USD 615. Fyi kalau tidak menggunakan tiket promo harga tiketnya berkisar mulai USD 1200, so beruntunglah kalian jika mendapat tiket promo tapiii harus bayar tiketnya beberapa bulan sebelum keberangkatan hehehe .. :P :D

Visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, PALING LAMBAT 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan, saran saya sebaiknya urus jauh – jauh hari deh! karena kita tidak pernah tahu hambatan apa yang bisa kita hadapi ketika pengurusan berlangsung.

Ada catatan PENTING yang diberikan website kedutaan Belanda, yakni antara bulan Mei hingga September pembuatan janji untuk permohonan visa sangat padat. Perlu diingat bahwa untuk membuat janji pada periode tersebut sangat sulit, apesnya saya tidak mengetahui hal tersebut :(, pihak kedutaan menginformasikan bahwa pada periode tersebut banyak mahasiswa yang akan daftar kuliah jadi mereka harus diutamakan.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman-teman milis, jika akan ke Luar negeri (LN) maka kita harus menyiapkan sejumlah dana di rekening tabungan kita, yang nantinya bisa memperkuat pemberian visa, pihak kedutaan memerlukan bukti kalau kita bisa membiayai perjalanan kita dan kita tidak akan terlantar di negara asing. Nominal yang saya dengar bermacam-macam dan tidak ada patokan resminya, ada yang mengatakan harus ada 50 juta atau. 30 juta rupiah di rekening kita atau ada juga yang mengatakan jumlahnya tidak penting, asal bisa membuktikan bahwa kita punya uang.

Saya tidak punya uang sebanyak yang diatas, jadi pada akhir bulan Juni 2009 saya pinjam ke ayah saya sejumlah 25 juta rupiah, saya masukkan rekening saya selama dua bulan (ada yang bilang 3 bulan) sampai visa saya dapatkan, kemudian uang saya kembalikan ;-)

Saya mendapat surat undangan (istilahnya Gemeente, kalo di sini mungkin seperti kantor walikota) dari teman satu marga yang sudah jadi warga negara Belanda, namanya ka Ephie Silaen. Maka jenis visa yang saya gunakan adalah kunjungan family and friends. Jika ada surat undangan semacam ini akan lebih mudah dapat visanya ;-), bagi mereka yang tidak mempunyai saudara atau kenalan yang bisa memberikan surat undangan tidak masalah kok, kalian bisa booking hostel di hostelworld

Syarat bagi penggundang harus berpenghasilan minimal 800 Euro per bulan dan si pengundang harus datang ke kantor balaikota (Gementee) untuk mengisi formulir undangan, dan juga si pengundang harus membuktikan secara finasial bahwa dia mampu mengundang Anda.

Untuk singkatnya dokumen yang harus dipersiapkan dan dibawa untuk permohonan :

klik “angka Pages dibagian bawah” untuk ke halaman berikutnya

About these ads

268 pemikiran pada “Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda

  1. Hi…mbak mau tanya nih. Aku sudah bertunangan 3 bulan yg lalu. Tunangan aku undang aku ke Belanda nanti bulan May. Semua biaya di tanggung dari tunangan aku. Aku udah tidak bekerja sejak 1 tahun yang lalu. Tapi aku punya toko pakaian. Tapi aku belum punya CV ( atau status perusahaan). Tapi aku selalu bayar pajak bulanan melalui NPWP nama probadi. Kalau soal buku tabungan selama 3 bulan sih aku aman. Hanya saja apa perlu juga surat keterangan kantor krn aku sudah tidak bekerja?
    Thanks infonya.

    • Hi Ratu, dicoba saja apply visanya, nanti kalau ada dokumen yang kurang pihak kedutaan akan inform ke kamu ko ;-)
      oh ya untuk yang perlu info tentang perkawinan beda bangsa silakan lihat blogroll “the wedding” ada panduannya, semoga membantu.

  2. Hi,

    blog kamu membantu sekali. bisa tau gak dimana untuk download form visa schengen? jika misalnya saya apply di kedutaan belanda, saya bisa pakai untuk pergi ke jerman kan ya?
    thanks infonya..

  3. hallo ,mbak.., mau nanya nih.. besok bulan juli ak rencana mau ke belanda mau ke tempat pacar ku.. dan semua biaya dy& keluarganya yg tanggung..
    nah masih bingung nih, katanya kan ak harus kasih bukti kemampuan finansial yg skitar 30 juta . nah kan ak gak ad tuh mbak uang segitu.. gmn ya caranyabiar bisa ttp dapet visa?
    trus ak mo kesana 2bulanan., otomatios ak keluar dr tempat kerjaku, nah kl gtu ak minta surat keterangan dr mana dong ( tp ak jg kuliah sih)
    dan untuk tiket perjalananya kan rencana mau lewat london pake air asia., mungkin gak sih pake visa itu..
    makasih..

    • Hi Desy,
      ko gede amat ya 30 juta? Emang di minta kedutaan? Saya waktu itu sekitar pinjam keluarga sekitar 20-25 jt di tabungan mengendap 2 bulan, setelah visa keluar uang saya kembalikan.

      Kalau kuliah berarti kamu bisa minta surat keterangan dari kampus ;-). Duuuhh setau saya report deh say kalau lewat London, kamu harus apply visa London juga karena pindah pesawat.

      • ohh.. kemarin mb ak tanya2 lagi katanya kl semua biaya pihak sana yg tanggung ak gak perlu kasih bukti keuangan .. bener gak sih..
        trus mo nanya.. ak kan opunya npwp.. nah itu ada gunanya gak sih mba?
        makasih.. :)

        • Hi Desy
          Ada yang bilang gitu, ada yang bilang kita juga harus siapkan bukti keuangan, daripada tiba-tiba diminta maka lebih baik kita siapkan, lagipula pihak kedutaan pernah bilang, walau kita disponsori masa iya kita sama sekali ga punya tabungan atau ga bawa uang buat liburan? Hehehe

          Npwp berguna bangetlah, kalau kita ga punya maka kita harus bayar biaya fiscal sekitar 2-3 juta, kalau punya tinggal tunjukin kartu dan kasih kopi npwp kita di loket fiskal.

  4. Halo Mbak Nella.Gmn kbr?
    Thanks buat blog Mbak yg sgt informatif.Boleh minta tolong pencerahan Mbak?
    Saya dapat undangan dari temen di Norwegia utk ke sana February-March 2011. Dia udah ngirim slip gaji,Guarantee Form (yg isinya dia menjamin return ticket & semua living cost sy di sana), Invitation letter untuk Embassy Norway & sy pribadi + copy passportnya.Dokumen-dokumen tsb telah distempel oleh Norway Police setempat.Masalahnya kami belum pernah ketemu.Cuma chat aja & kenal juga belum setahun.Sy mau ke Norway hanya utk jalan2 & belajar main ski.hehehe.Sy karyawan swasta.Tabungan ga gede2 amat.Ke luar negeri jg cuma baru ke Sing, Malaysia, Hong Kong & China.Apakah ada chance Schengen Visa diapprove?Maaf kepanjangan dan ga ada hubungannya dgn Belanda.Terima kasih sebelumnya Mbak Nella :)

    • Hallo Andy,
      Maaf baru sempat balas, saya baru balik liburan ;-).
      Norwegia termasuk schengen country ko, jadi pengurusannya ya tidak jauh beda dengan pengurusan visa ke Belanda. Ga masalah kamu bilang saja memang kenal via chat. Tabungan saya ketika pergi juga ga gede ko, setelah visa keluar saya balikin pinjaman dari rek saya hehehe

      • Mbak Nella, thx bgt replynya. Maaf baru balas.
        Dari liburan ke mana neh?Asyiknya jalan-jalan terus :)
        Mbak, kalau karyawan swasta status kontrak apa masih ada chance dapat Visa ya?
        Apa diinfokan saja pas interview bahwa kontrak berakhir June 2011? Atau ada saran lain?
        Surat Keterangan dari kantor jadinya kayak gimana?
        Thx in advance :)

        • Hi Andy,

          Saya liburan ke Lombok :D

          Saya ketika apply visa di kedutaan Belanda status juga masih karyawan kontrak, di surat keterangan kantor tidak perlu dicantumkan status kita, minta saja kantormu bikin surat ket. yang menyatakan kamu karyawan di pt. .. sejak .. sebagai … dan kamu akan cuti bekerja sejak akan kembali bekerja tanggal ..

          Cerita lagi ya kalau tembus apply visanya ; -)

      • Mbak Nella, thanks again for your kind reply :)
        Gimana di Lombok? Bener ga Gili Trawangan tu cakep bgt?hehehe
        Selain Invitation Letter buat saya pribadi, temen juga kirim Surat Permohonan Persetujuan Visa ke Norway Embassy di Indonesia. Itu ga papa ya Mbak?
        Di Invitation Letter tertulis 16 Feb s.d 16 Maret 2011. Tapi sy cuma 2 minggu di Norway yaitu 16 Feb s.d 1 Maret krn ga dikasih izin ama kantor lebih dari itu..hehehe..
        Yang saya tau , karena waktunya ga melebihi time range Invitation Letter itu, jadi ga perlu kirim Invitation Letter baru lagi kan Mbak?
        Maaf nanya terus Mbak. Thx and wish you the best

        • Hi Andy, asyik ke Lombok daerahnya tidak seramai Bali .. waktu itu saya ke Gilli Nanggu (beda ya ama Trawangan?), sepiii bangettt, iya cakepp :D

          Iya ga masalah ko kurang masa tinggalnya, kalau bisa lebih lama kan asyik tuh karena sayang tiketmu muahal hehehe .. kalau saya sih waktu itu ambil unpaid leave, jadi ga gajian sebulan, untungnya bosku ngizinin :D.

      • Mbak Nella, semalam saya tlp ke temen yg di Mataram. Katanya daerah Gili-Gili di NTB itu umumnya keren bgt dan Bali aja kalah..hehehe.. :D
        Malah diundang teman ke sana…
        Ada pengalaman seru di Gili Nanggu Mbak?Pasir putih juga?
        Sy minta cuti 1 bulan jg dari kantor unpaid leave tapi Boss maksa 2 minggu krn ada big gathering kantor di awal Maret 2011
        Ya sudahlah, mari bersabar..hehehe..
        Ini aja sy bersyukur tmn yg di Norway ga batalin krn berkurang jadi 2 minggu..Maklum dia yg bayarin semua, Mbak… :)
        Schipol memang keren ya Mbak?hehehe :D

        • Hi lagi Andy,

          Gili Nanggu yang saya kunjungi keren dan pantainya pasir putih, mungkin karena kurang promosi jadi selama ini yang lebih dikenal para turis baru sebatas Bali, menurut tour guide kami waktu itu, di Lombok segera dibangun bandara internasional jadi nantinya makin banyak deh para turis ke Lombok ;-).

          Pengalaman seru, baru pertama kalinya dikerubungi banyak banget ikan-ikan di pantai waktu saya dan teman-teman datang bawa makanan, jadi roti tawar dimasukkan ke botol air mineral kosong trus botolnya isi air, kocok-kocok, lalu kita semprot aja ke pantai wuiiihhh langsung datang banyak banget ikan :D.

          Pengalaman lain sekujur badan jadi ireng/coklat karena sengatan matahari hiksss.. sebenarnya ga suka berpanas ria mandi matahari, tapi apa boleh buat demi menyenangkan dua bule, mereka malah senang banget dan itu tujuan ke Indonesia pas balik ke Negara mereka kulit jadi coklat.

          Oo gitu, tahun lalu syukurlah kerjaan saya lagi gak banyak makanya dikasih pergi satu bulan sama si boss ;-).

          Yoi Schipol keren banget, jangan lupa banyak berfoto ria yaaaa…

  5. Hi mbak Nelia..apa kabar? Mudah2an baik.. :)
    Maap tapi apa bisa saya mendapatkan email dr mbak citra (pertanyaan no 28)?
    Saya hanya ingin bertukar pikiran tentang suatu hal.

    Hartelijk bedankt zus.. :)

  6. Ping-balik: Willkomen A1.2 .. Selamat datang A1.2 :) :) « pursuingmydreams

  7. Hallo ka…sebelumnya aku salute sama kaka…karena kaka orangnya baik en mau bales yg minta infonya…dan Blog ini bener2 bermanfaat utk org yg baru pertama atau yg suka ada masalah dengan visa nya…
    oh iya ka…aku boleh tanya ya..
    sebenernya aku ke belanda udah 3 kali dan masing2 90 hari paling lama di sana..
    dulu di tahun 2001, 2002, dan 2004.

    nah Bulan november aku mau brkt lagi ke belanda..tp utk saat ini aku sendiri yg ngurus..
    soalnya dulu2 yg menjamin/sponsor dari family dibelanda (WNA)..dan aku tinggal menghadap aja langsung..dan aku juga pernah dpt visa 2 tahun..tp bukan tinggal selama 2 tahun..melainkan aku kalo kebelanda ga usah balik2 lagi kedutaan..langsung pergi aja ke belanda..

    nah sekarang kan aku sebagai mahasiswa..dan sekarang yg menjamin pacarku dan keluarganya disana…semua dokumen udah lengkap ka..ticket, asuransi, surat keterangan mahasiswa juga ada..kan aku belum kerja..apa aku harus juga ada tabungan?? sebenarnya yg bertanggung jawab smua perjalanan aku..yaitu pacarku..

    Mohon di balas ya ka..
    Terimakasih sebelumnya :)

    • Hi Meydie, Karena dulu saya juga banyak dibantu oleh teman2 pas dapat sedikit hambatan waktu apply visa(pertama kali), dan saat itu saya sibuk cari info ke berbagai sumber, jadi alangkah baiknya kalau saya bisa membantu orang lain, supaya mereka lancar urusannya :).

      Kamu apa sudah dapat surat undangan yang dari gementee? Kamu tidak perlu rek. Koran, minta rek. Koran pacarmu saja dan juga kopi passportnya (pengundang). Good luck ;-).

  8. mbak sorry nih aku mw tanya, aku mau ngajuin visa travel ke perancis, aku denger dr teman aku harus punya credit card int n tabungan internasional. bener ga sih??karena aku ga punya credit card dan ga pengen punya. gimana ya..klo udah ada lampiran rekening koran dari sponsornya emang masih butuh rekening koran kita ya??

    Makasih sebelumnya..

    cheers :)

    • Hi Indah, gak ko, saya tdk punya kartu kredit & tab. internasional kalau sdh ada lampiran rek. koran dr sponsor ada yg bilang dr kita tidak perlu, tp tidak ada salahnya disiapkan punya kamu juga ;-)

  9. Dear Nella,

    Lengkap banget ya Infonya. Salut aku. BTW, aku rencana jalan 14 Mei 2011 and akan tinggal bersama adikku di Voorschoten selama 2 bulan. Dia dan suaminya yg akan menjadi sponsor ku. Yang menjadi pertanyaan dan moga2 Nella punya masukkan. Adikku menyarankan supaya aku minta Surat Keterangan dr tempat kerjaku sekarang, sehingga terlihat menyatakan bahwa Aku akan pasti kembali bekerja dan ” Gak Nyangsang” Di Belanda:)), selain dgn Surat Sponsor pd saat Appy VIsa nya dan enak nya bagaimana, Pesen tiket dulu baru apply visa or Apply Visa baru pesan tiket?? Itu yang masih membuatku bingung.

    Terima Kasih ya Sebelum nya

    • Hi Shanti,

      Adikmu benar, kamu harus minta surat ket. kerja dari kantor, dengan surat tersebut akan meyakinkan kedutaan kalau kamu pasti kembali ke Indonesia.
      Isi suratnya menyatakan kamu bekerja diperush tersebut akan cuti karena akan melakukan perjalanan/liburan ke Eropa ” dari tanggal .. sampai tanggal ..”

      Minta surat Spnsor dari dari adikmu, lalu minta surat keterangan dari kantor dan booking tiket dulu, (JANGAN) langsung beli/bayar, kamu booking tiket ke travel atau secara online dan bawa print out tersebut waktu apply visa. Setelah visa disetujui baru kamu beli tiketnya. Print out tiket gratis ko.

      Btw silakan baca juga komentar – komentar diatas ya, mungkin ada kasus yang mirip dengan yang kamu tanyakan ;).

  10. Hai mbak, saya ingin bertanya.
    Selama ini, saya menabung di rekening atas nama ayah. Jumlahnya lumayan banyak. Kemarin saya baru membuka rekening sendiri. Nah, permasalahannya, saya akan apply visa schengen pd bula oktober akhir. Apa mbak bisa memberi saran apa yg perlu saya lakukan? Rekening saya sendiri belum ada 3 bulan. Apa bisa saya apply dgn rekening atas nama ayah saya (walaupun dana murni dari saya). Terimakasih banyak. :)

    • Hi Putri,
      Akan apply visanya di awal, pertengahan atau akhir Oktober? Kalau di akhir Oktober masih ada kesempatan untuk masukkan dana ke rek.mu. Tahun lalu saya juga hanya bisa kasih rek. 2 bulan terakhir saja, dan thanks God lancar.

      Statusmu mahasiswi atau sudah bekerja? Kalau mahasiswi masih dalam tanggungan ortu, atau coba buat surat pernyataan dari ayahmu yang menyatakan kalau kamu menjadi tanggungannya dan semua biaya selama di Belanda akan menjadi tanggungan ayah.
      Btw silakan baca juga komentar – komentar diatas ya, mungkin ada kasus yang mirip dengan yang kamu tanyakan ;-).

  11. oh ya mbak satu lagi, emang bisa dateng ke belanda tapi lewat bandar di negara lain?? kaya di jerman. Trus ke belandanya naik mobil atau bis?

  12. Hi mbak Nella,
    menarik banget deh bahasannya. Gini mbak, aku kan au pair, baru pulang 20 agustus 2010 kemaren. Trus aku dapet cowok sana. Dia pengen aku balik ke belanda as turis. Dia mau jadi sponsorku, Skrg aku udah pegang surat yang dari gementee itu. Nah aku kan student mbak, kalo cowokku kasih slip gaji apa aku masih perlu nunjukkan rekening koran? trus apa invitation letter dari gementee sama sponsor declaration itu beda? kok kalo aku baca dari ceritanya mbak nella, kayanya kita butuh banget rekening gaji itu. Soalnya temenku yang dapet sponsor dari cowoknya ngga perlu rekening tabungan atau slips gaji (katanya kalo udah ada slip gaji si cowok slip gaji kita ngga berlaku). Gimana kira2 mbak?

    • Hi Citra, rek. Koran sangat penting karena dari situ kedutaan bisa melihat apakah yang pergi liburan ke Belanda bisa membiayai perjalanannya. Karena kamu masih pelajar/mahasiswa bisa gunakan rek. Tabungan ortumu dan minta mereka buat surat pernyataan kalau kamu masih menjadi tanggungan ortu kamu.

      sponsor declaration sperti apa ya? Surat undangan pribadi maksudnya? Tahun lalu saya hanya gunakan yang dari gementee saja, sponsor declaration bagus juga disertakan ;-).

      Oh ya ada beberapa saran teman-teman yang bilang ketika isi form atau wawancara di kedutaan JANGAN bilang kamu ke Belanda atas undangan pacar ya .. karena nanti pihak kedutaan kira kamu mau stay lama or kerja illegal disana, bilang aja undangan dari teman.

      Coba contact Nindya (lihat atas) yang kasih komentar no.4 on March 22, 2010 ; casenya sama denganmu ;-)

      Oh ya Citra cerita dong bagaimana awalnya bisa ke Belanda jadi au pair berapa lama disana, lalu suka duka jadi au pair di Belanda apa nih :)

      • Thanks ya infonya mbak Nella.. kemaren aku telpon consulate, katanya kalo udah ada slip gaji sponsor ngga perlu nunjukin rekening koran. SUka dukanya banyaak banget mbak. Kalo jadi au pair itu intinya sabar. Tergantung di keluarga mana kita tinggal. Jadi kalo pilih keluarga harus yang pas. Aku dulu awalnya kebelanda ya lewat agency au pair.

        Trus kalo di wawancara bilangnya kalo ngga pacar gimana mbak? berarti mengunjungi temen gitu?

        • Ok Citra, good kalau gitu coba minta slip gaji sponsor aja.

          Iya bilang aja mengunjungi teman, atau kamu mau coba ga bilang mau mengunjungi pacar?? Jadi kelinci percobaan gitu? hehehe

        • duuuhh neng Citra, memang tujuan kamu ke Belanda mau ngapain?? :P Kalau saya sih tahun lalu mau liburan/mengunjungi teman, jadi saya bilang seperti itu ;-). Kalau syarat-syarat dilengkapi lancarr deh!

  13. Hai mba, nanya donk. Saya mau ke belanda tahun depan bulat maret. saya belum pernah ke LN. Tunangan saya orang belanda dan mau di nikah di belanda. banyak yang harus saya buat. saya belum pernah ngurusin pembuatan paspor dan visa. saya minta bantuan untuk tau langkah langkah apa saja dalam pembuatan visa dari awal dunkz. thanks ya mba

    • Hi Tasya : boleh tanya dulu ya, kamu mau menikah di Belanda lalu langsung menetap disana atau setelah menikah balik lagi ke Indonesia ?

      Saya lihat sih di web kedutaan Belanda di Jakarta yang ada hanya cara menikah di Indonesia, kalau untuk nikah di tempat ibadah di Belanda mungkin bisa saja .. nah masalahnya ribet urusannya buat nikah yang terdaftar di pemerintahan sana dan menetap di Belanda he-he-he .. jadi setau saya untuk tinggal lebih dari 3 bulan harus melalui prosedur permohonan Izin Tinggal Sementara (Machtiging voor Voorlopig Verblijf (MVV). Jadi harus ada surat yang menerangkan kalau kamu bisa berbahasa Belanda paling tidak tingkat dasar (bisa tanya tempat kursus Erasmus Huis). Lalu harus tahu mengenai ada istiadat orang Belanda, jadi nanti ada dua test di kedutaan. Lalu tunanganmu harus mempunyai keuangan yang baik dan pekerjaan yang baik (ada syaratnya juga, silakan lihat prosedur MVV di web kedutaan ya).

      kalau untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana cara menikah di Belanda, maaf saya tidak punya kapasitas untuk menjawab (daripada salah) lebih baik kamu bertanya langsung ke kedutaan Belanda di Jakarta via telp di Tel: +62 21 524-8200 atau +62 21 525-1515
      Atau email di : jak-ca@minbuza.nl
      Untuk urus passport bisa lihat http://www.imigrasi.go.id sekarang urus passpor sudah online jadi bisa dikantor imigrasi mana saja (kalau dulu berdasarkan wilayah tinggal), jadi Tasya bisa pilih di imigrasi terdekat, panduannya lihat web.nya ya ;-). Untuk mempersingkat waktu lakukan pra-permohonan via website diatas, kalau urus sendiri biaya Rp.275.000 kalau lewat calo/agen bisa 2-3 kali lipatnya. Urus sendiri ga ribet ko dalam 10 hari selesai. Imigrasi buka jam 8 pagi, jam 7 sudah ramai yang antri nomer.

      Kalau sudah berhasil ke Belanda & menetap disana, boleh kasih sharenya disini juga ya jadi bisa buat pengalaman yang lain ;-).

      • Thanks ya untuk infonys.
        Kalau saya butuh bantuan saya bisa tanya lagi ya.
        Kalau semuanya uda terlaksana, saya bagi2 infonya deh..
        Thanks ya.
        God bless you…

      • hallo mbak.. ak mau share asdkit, untuk yg mau nikah / tinggal di belanda harus ikut dan lulus tes inburgeren / ikut test CaNvT level PMT./ januari 2011. tes inburgeren bs dilakukan di jakrta.. atou di belanda.. nah kl udah punta sertifikat PMT tar bs lanjutin tes ttg sosial budaya belanda di belandanya langsung dan gak perlu tes inburgeren..
        nah kl mau dapat sertifikat PMT bisa daftar tes.nya di erasmus untuk tahun ini tes nya di adakan bulan mei dan pendaftaran di tutup awal febuari..
        mending buruan ikut kursus cz bhsa belanda susah….
        good luck ya..

  14. Hi Mbak, Salam kenal..

    saya ada rencana Mini euro trip akhir tahun ini. trus saya bingung apply visa nya gmn scra saya student yg masih active beljr di salah satu university di malaysia. Hmm.. kira2 bisa ga ya saya apply visa schengen di Kedutaan besar belanda di malaysia??

    mohon pencerahannya. thanks in advance

    Yazan

  15. ey mbak,slm kenal neyh…
    point ja yah…thn kmaren aq kena bohong ma exfriendku ndiri…dia yang uda tinggal d woorden ternyata tega mkn duit hsl jeri payahku…hufh…
    btw,minta tolong review ulang k email saya ya…tentang pemberangkatan belajar d belanda klo mbak tau…trus apa harus punya tabungan sebanyak itu??
    apakah ga ada alternat laen gt??
    thx ya….^^

  16. mbak nella, aku masih bingung nih padahal thn depan rencananya mau nyusul sang pacar(orang turky tp holland residence) tabungan saya bl, cukup dan paspor saya domestic helper (skrg msh di hongkong) trus paspor saya masih lama hbsnya, apakah bisa pake paspor pekerja gt, atau harus ganti paspor,karna data paspor ga sama dengan asli,gmn mbak nella, oh iya pengundang kan menanggung jawab semua expenses disana nantinya, apakah masih perlu,rekening saya dengan jumlah sekian juta, kalo saya bawa surat tanah atas nama saya dlm mengajukan visa bisa ga mbak ?? thanks ntar kalo maen ke amsterdam mampir ya hehheeh?

    • Rek. koran dibutuhkan 3 bulan terakhir ko, kalau masih tahun depan berarti masih ada beberapa bulan lagi.
      Kalau ke Belanda tujuannya jalan-jalan maka paspornya ya untuk wisata, paspor pekerja kan beda lagi, kalau pergi dengan paspor pekerja berarti tujuan kita akan bekerja. Walaupun pengeluaran kamu disana akan ditanggung sepenuhnya tapi masa Sofie gak bawa uang sama sekali :D
      Surat tanah boleh tuh copynya disertakan untuk apply visa. Oh ya ketika apply visa tulis tujuannya mengunjungi “teman atau keluarga”, begitu juga ketika wawancara, karena kalau kamu bilang mau ketemu pacar kuatirnya visa ga dapat karena kamu dikira akan nikah atau kerja ilegal disana karena aturannya ketat sekali
      Iya boleh kalau saya ada kesempatan lagi jalan-jalan akan mampir ke tempatmu ;-).

  17. Hi mba nela,
    Tengkyu ya uda reply pertanyaanku. Tapi kalo aku apply 3bln sblmnya, kan salah satu syarat hrs bawa tiket :( waduuh..akyu jadi bingung ni :(

    • Jangan beli tiket dulu, karena kedutaan juga melarang hal tersebut (kuatir visa tidak dapat dan tiket tidak bisa diganti tanggalnya). Dita booking tiket aja dan minta print outnya lalu kertas itu yang disertakan untuk apply visa.

  18. Hallo mba Nela,thank you for your reply.. Temenku yg mo ngundang kebetulan paspornya ilang,tp aku akan mnt tlg tmn yg lain deh ;) anyway, mba nela dpt promo bln apa ya wkt itu? Ak lg cr2 promo tp belum ada nie kayaknya :( hampir semua uda ak coba,tp msh mahal euy, rencana mo prg bln november sie :D
    Mba nela wkt prg pake travel insurance apa? Brp hbsnya? ‎​.::T♓ªªª ήχ::. Before :D

    • Hallo Dita, waktu thn lalu saya booking tiket promo Malaysia air (pas liat di kompas) itu akhir April atau awal Mei, harus bayar tiket seminggu setelah booking, saya bayar full 888USD di pertengahan Mei 2009 padahal baru berangkat 4 September, nah harus hati-hati juga kalau tiket promo tidak bisa utak atik tanggal keberangkatan dan tanggal pulang, dan tidak bisa refund kalau kamu gagal berangkat, makanya harus benar-benar dipikirkan kalau visa pasti dapat, karena kedutaan aja warning jangan beli tiket dulu, jadi kalau semua syarat syarat untuk visa bisa dipenuhi maka tiket promo harus dikejar itu ;-)
      Visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, kalau sudah dapat visa maka tenaglah kita he-he-he .. untuk asuransi lihat tulisan saya diatas ini ya. Btw yakin mau kesana November, sudah mulai dingin di Belanda :D

  19. Halo Mba Nella,

    Saya Dita, dulu saya pernah ke belanda as an aupair (tp ga betah, jadi pulang sebelum waktunya) hehehe kira2 itu bisa jadi masalah ga ya kalo mo apply visa ke Belanda buat jalan2? Oya, mengutip yang mba nella tulis untung pengundang di Belanda “3. Kopi paspor pihak pengundang (dan juga fotokopi izin tinggal Belanda jika ada, dalam hal ini jika pengundang buka warganegara setempat) pihak keluarga atau teman yang hendak dikunjungi.” bagaimana kalau si pengundang orang Belanda asli tapi tidak punya paspor, is it a problem? Mba Nelaa, tabungan yg 25 juta itu total dari 2 bulan yang dirimu tabung ya maksudnya? waiting for ur reply. Thank you.

    • Hi Dita, menurutku sih ga ada masalahlah, kamu hanya akan jalan2 saja kan ;-).
      Mengenai paspor pengundang itu sudah syarat dari kedutaan Belanda jadi ya harus dipenuhi. Yang tabungan itu saldo mengendapnya selama dua bulan, kalau aturan dari kedutaan harus informasikan rek 3 bulan terakhir.

  20. Salam kenal Mbak Nella,

    Saya Vallentino, kebetulan saya ingin mengurus visa ke Belanda namun tidak memiliki keluarga di sana. Saya ingin menanyakan lebih jauh tentang hostel di sana, saya sudah lihat websitenya namun kota yang saya ingin kunjungi tidak ada di daftar hostel disana (Nijmegen).

    Mungkin Mbak Nella bisa bantu saya mengenai informasi bagaimana reservasi sampai saya bisa mendapatkan ijin mengurus visa dengan pemesanan hostel ini.

    Terima kasih untuk waktunya, blog ini sungguh membantu sekali.

  21. Terima kasih banyak untuk informasinya ya, Mbak… Sangat jelas, sangat bermanfaat, semoga saya juga seberuntung Mbak dalam mengurus visa short stay di Belanda nih….
    ;-)
    Sari

    • Hi Sari, kalau semua syarat di penuhi pasti dapatlah visanya, semoga berhasil ya btw kamu lagi di Belanda atau masih di Indo karena saya liat internet providermu wonenbreburgnet.nl ;-)

    • HELLO MBK CANTIK … ADUH AKU SEDIH BNGET DECH MBK … MSH BLM BERHASIL U BISA DAPATKAN BOOKING INTERVIEW. BUAT TEMAN2 SHARE PENGALAMN DONG YANG UDAH BISA DAPAYKAN U BOOKING INTERVIEW GIMANA CARANYA .. THANKS YAAA

  22. hmz aku mau nanya, aku sech udah di interview cuma kurang undangan pribadi aja.kmren udah dikirm dari belanda dan katanya dari konsulat ngga bisa dibaca, tapi sama keluarga saya sudah dikirim lagi dengan “word” version.hmz…kira2 surat undangan pribadi itu penting ngga sech?padahal surat garansi dan lain2 sudah lengkap semua.tnx

    • Hi Lidya, surat undangan penting lah, dengan surat tersebut berarti ada jaminan dari orang sana bahwa kamu diundang untuk ke Belanda, kalau tidak ada surat undangan maka kamu harus tunjukkan surat booking hotel (tempat menginap selama di Belanda). Undangan formnya minta di gementee (semacam kantor walikota Belanda) nanti data2 kamu di isi lengkap ya di form tersebut. Good luck ;-)

  23. hola….

    thanks ya mba infonya lengkap :)
    oiya saya mau tanya, apa di embassy belanda ada tahap wawancara untuk visa turis?

    • hi Eva, iya pasti adalah tahap wawancara :D, kalau berkas untuk engajukan visa sudah lengkap kita telp kedutaan Belanda untuk buat janji, nanti kalau sudah dikasih tanggal & jam yang ditentukan barulah kita datang.

      Di hari kita masukin dokumen tersebut setelah konsularnya cek semua berkas sudah lengkap, maka hari itu juga kita di wawancara. Beberapa pertanyaan yang di ajukan waktu waktu itu antara lain : #Apa kepentingan kita berkunjung ke Belanda #Ada yang mengundang atau tidak (saya dapat surat undangan dari Belanda) #Kalau kita ada surat undangan dari keluarga/teman di Belanda nanti ditanya apa hubungannya dg mereka #Sudah berapa lama kenal dengan pengundang #Kapan terakhir bertemu pengundang (Kalau tidak ada surat undangan, maka harus tunjukkan bukti booking hotel) #Apa pekerjaan kita di Indonesia sebagai apa #Pekerjaan kamu bidang apa, sudah berapa lama kerjanya.

  24. hi teman2 terimakasih atas saran dan informasinya, agustus saya akan ke belanda bertemu calon suami saya, sekarang visa sedang di proses, rasanya deg deg an banget.. but im sure that everythings gonna be allright.

  25. Halo mbak,

    Mau nanya, saya berencana mengunjungi Belanda dan Prancis September ini. Kendala dalam pengurusan visa yang mungkin akan saya hadapi adalah bukti keuangan pribadi dalam bentuk tabungan. Untuk bisa diterima kira2 berapa juta saya harus punya?
    Saya sebenarnya memiliki cukup uang, tapi nomor rekening tabungannya atas nama ibu saya, apakah dapat dipakai untuk bukti keuangan pribadi dengan menyertakan surat pengantar dari orang tua?
    Saya bisa saja mengambil dana dari rekening tersebut ke rekening atas nama saya, tapi kalau saya mendeposit uang sekarang dari rekening tersebut, biasanya kedutaan mempermasalahkan, karena ada penambahan uang dalam jumlah besar secara mendadak ke rekening saya. Padahal itu murni dana saya.

    Ada saran? Terima kasih sebelumnya.

    • Hi Ari,

      Tidak ada yang kongkrit sih untuk jumlahnya, di web kedutaan juga di sebutkan jumlahnya, tahun lalu saya pinjam uang ayah saya 25 juta, itupun hanya 2 bulan masuk rek. saya, agak sedikit kuatir juga, tp ternyata lolos tuh! :D

      Tetap dicoba saja pindahkan dananya ke rek. Ari, lalu coba ibu nya Ari buat surat pernyataan kalau keuangan selama di eropa nantinya ditanggung oleh ibu kamu. Kalau punya surat berharga lain seperti kepemilikan kendraan pribadi (mobil / motor), atau deposito bisa juga disertakan, jadi membuktikan kalau kita punya keuangan yang mendukung. Ari apakah dapat surat undangan dari keluarga/teman di Belanda? Kalau iya bisa juga surat pernyataan dari mereka kalau pengeluaraan kamu ditanggung oleh si pengundang.

      Baru – baru ini ada teman saya yang ditolak visa nya karena syarat bukti keuangan pribadi tersebut tidak terpenuhi.

      Semoga berhasil ya ;-)

      • hi mbk cantik … aku minta infonya dong tentang prosedur pembuatan visa belanda dan interview juga asuransi … mbk kan aku dapat surat undangannya dr calon saya dan sudah ada di saya cm buat daftar inteviewnya gila bngt smp tgl 31 may 2011 full dan apa saya mbk nanti yang mereka tanyakan dan saya harus jawab apa untuk saya bisa lolos interviewnya. ? dan saat ini datang yang saya pegang hanya surat undangan yang ditulis dg kop surat dr kedutaan dia tinggal isi dan dan ada setempel dari sana.,cm saya baca kok hrus ada pernyataan dari dia kl saya diundang yaa mbk ? itu contonya spt apa ?dan kurangnya apa betul foto copy rek tabnya dan paspornya dia juga apa dibutuhkan ?

        mbk untuk urus asuransinya itu kapan dan sy baiknya gimna ?
        visa jadi berapa lama mbk ?

        saya juga mau tanya jika pacar saya itu akan ke indonesia sekalian antar saya ,,, apa y harus dilengkapi syara2nya ?

        mbk untuk data2 saya yang hr dilingkapi apa sja dan sayakan cerai baru brapa bln lalu resign dan cb jual kosmetik dll dan rek tab saya kr dipakai u modal jd kurang bagus beberapa bln lalu dan baru bulan ini masuk juga saya ada rumah sendiri sertifikat atas nama saya gimana ya mbk menyiasati untuk rek bank saya ,,, tolong bantuannya ya mbk en makasih

        • Hi Aurel, untuk prosedur pembuatan visa, silakan lihat di bagian atas kan sudah lengkap sekali tuh :P, atau langsung lihat website kedubes Belanda : http://indonesia-in.nlembassy.org/Tentang_Kedutaan/Bagian_dalam_Kedutaan/Konsuler/Lihat_juga/Visa/Kunjungan_singkat/Berkas_penting

          Untuk online booking memang sedang padat, harus cek tiap hari, coba pagi2 sekali sekitar jam 5- 6.30 an. Saya dengar sih sudah ada 12.000 orang yang apply visa, kebayang deh bgm repotnya kedutaan.

          Syarat dokumen yang harus dilengkapi dari sponsor / pengundang di Belanda :
          1. undangan yang telah dilegalisasi oleh kantor walikota, dari pihak keluarga atau teman yang akan dikunjungi
          2. surat undangan dari pihak yang akan dikunjungi (dengan informasi tentang latar belakang tentang hubungan antara pemohon dan pihak referensi, informasi tentang kunjungan dan pernyataan yang menjelaskan pihak mana yang akan membiayai perjalanan dan hotel)
          3. bukti kemampuan secara finansial diri sendiri dan/atau sponsor ; seseorang yang membiayai perjalanan anda (kopi rekening bank/buku tabungan 3 bulan terakhir dan/atau slip gaji 3 bulan terakhir)
          4. fotokopi paspor sponsor dan/atau keluarga yang akan dikunjungi dan izin tinggalnya (kalau ybs bukan warga negara Belanda)
          5. surat keterangan kerja atau SIUP
          6. berkas-berkas yang menunjukkan hubungan keluarga

          Surat undangan adalah yang telah dilegalisasi oleh kantor walikota di Belanda, namanya Gementee, pengundang kamu pasti sudah tahu deh, dia datang ke Gementee nanti dikasih form untuk diisi, setelah itu distempel mereka, itu yang kamu bawa ke kedutaan.

          Asuransi nanti saja kamu beli setelah wawancara, polis asuransinya nanti fotokopi 1 lembar dan berikan ke kedutaan waktu ambil visa yang telah disetujui
          Prose pengurusan visa 8-10 hari kerja.

          Kedutaan juga akan minta rek. Koran 3 bulan terakhir yang kamu miliki, jadi harus dipersiapkan jumlah dananya di tabungan.. Saya tidak tahu / tidak pernah dengar berapa harusnya dana mengendap di tabungan, yang pasti kedutaan akan memperkirakan apakah seseorang sanggup membiayai perjalanan dengan jumlah dana di tabungan. Ada yang bilang harus 50 juta, 40, juta, 30 juta, Saya sendiri thn 2009, sudah siapkan kira-kira 25 juta mengendap 2 bulan ditabungan (dana pinjaman) :D.

  26. ooya kalo boleh tahu nih,brapa si harga visa untuk brangkat ke holland?yg di stempel di pasportnya orang indo/si pengunjung belanda?salam hormat trimakasih buat responnya.terus,kalo orang yang ga punya duit sama sekali apakah juga ga berhak datang,kalo ga bisa kasih tunjuk nomerrekening,walaupun dia dapat undangan dari belanda?lkasian dong kalo gitu.

    • Hi Jeane,
      Harga visa 60 Euro, nanti di kurs ke rupiah yang berlaku saat kamu apply. Passport yang distempel adalah yang berangkat/pengunjung.
      Kalau ga punya duit bisa cari duit dulu, saya dulu juga sama sekali ga punya duit buat liburan ke Eropa, keinginan menggebu namun keuangan tidak mendukung, saya yakin dimana ada kemauan pasti ada jalan.

      Jadi selama dua tahun saya selain menyisihkan gaji bulanan dari kantor, juga bisnis kecil-kecilan, mulai jualan pulsa elektrik, join bisnis kosmetik, jualan tas, jualan lain-lainnya asal jangan jual diri hehehe :D

      .. akhirnya uang tiket terkumpul deh, di bank uang juga sudah mim banget karena sudah buat beli tiket, ga hilang akal, saya pinjam uang ayah saya 25 juta, masukkan 3 bulan ke rek. saya, dan ketika visa keluar uang saya kembalikan, kalau tempat tinggal nebeng di tempat teman di Belanda hehehe..

  27. halo mbak , mo nanya nih .. saya ada rencana mau ke paris bulan desember ini , tapi lewat belanda , di belanda gw ada sodara yang merit ama orang sana , tapi gw ga mau nyusain mreka juga . jadi ada solusinya ga buat surat undangannya ? apa harus booking hotel dlu ? sedangkan gw tuh tujuannya ke paris .
    oiya mbak , blh minta contactny ga ? mau konsultasi juga nii ..
    di emailin aja yaa . tq

    • hi Eles, sorry baru balas, saya baru balik dari liburan :D

      Kamu minta surat undangan dari Belanda, ga nyusahin ko, temanmu (host person) datang ke kantor walikota setempat (gementee) isi form surat undangan, bilang isi lengkap datanya ya, kalau ga salah bayar 10 Euro.

      Kalau dapat surat undangan dari Belanda, ya anggap aja menginap di rumah mereka jadi kamu tidak perlu booking hotel.

      Paris dan Belanda kan sama – sama Negara Schengen, jadi kalau kamu dapat visa Schengen dari kedutaan Belanda ya kamu juga bisa juga ke Paris,
      bisa konsultasi via email ke : nellaria_silaen@yahoo.com

    • pagi mbak cantik …. aduh aq dibuat stresss ini ,jadi mbk semalam tgl 12 may 2011 after midnight aku tungguin untuk daftar booking interview dan saat itu masih terlihat tgl untuk tgl 1 dan 2 juni berhub tgl tersebut libur kosong tanpa kotak merah atau hijau … dan msih terlihat 2 tgl tersebut lalu saya mash saja menunggu dengan harapan tgl 3 mereka akan keluarkan kotak tersediauntuk kita buat janji dan mata saya tertuju di posisi itu dan selalu sy refresh dengan harapan kotak hijau itu muncul dan untuk segera saya klik dan isi form lalu kirim tapi tau tidak mbk yang terjadi sungguh mangejutkan …. tiba2 yang keluar kotak merah semua tanpa saya tahu kapan kota2 tersedia itu muncul dan secepat itu … sunggu menyedihkan … bagaimana sih mbk ini caranya dan mungkin ada teman2 y bisa kasih infonya untuk nanti mlm saya cb laki untuk dapat ditanggal 4juni dan makasih … met pagi en met beraktivitas

      • mba aurel gimana caranya mendaftar secara online,,,pliece…tolong langkah2nya ya mba. sy udah coba langkah sedrhananya tapi tetap nggak bisa mungkin saya salah masuk ya mba?…tolong ya mba kasi tau langkah2nya…. thanks sebelumnya ya

  28. Hello jeung nella…. only give input to unemployed people who wants to travel to out of country…. just be waisted because you should have a job and have financial capability. XoXo

  29. mbak, nanya donk ,sy rencana keperancis awal september bersama kakak dan ibu saya ,bagaimana proses wawancaranya ya .. krn ibu dan kakak saya berada diluar kota . apakah bisa diwakilkan saja ,, berhubung mereka juga sdh usia lanjut . txs ..

  30. Sis, ketika kita booking hotel di http://www.hostelworld.com nanti setelah visanya jadi bisa gk dicancel ya? jd istilahnya hanya bookingan fiktif gitu. Krn gw udah 1 minggu ini apply visa belanda full melulu, desperate jg nih sedangkan tiket gw udah issued, atau mungkin punya link di kedutaan belanda yg di jakarta :D.

    pls advise thanks

      • yg anda suruh telp sblm jam 9 pagi utk bikin janji visa itu udah saya lakukan dari 1 minggu yang lalu. Dan sampe sekarang masih belom dapet karena line telponnya FULL.

        yg saya tanyakan adalah website hostelworld yg anda tuliskan itu bisa sebagai bookingan hotel fiktif gk? jadi kalo visa belanda gk tembus, saya akan coba utk apply visa negara lain tp msh dalam kawasan schengen eg. Austria (jd saya mau seolah2 booking hotel di Austria) hanya utk mendpatkan visa schengen.

        ngono lo mb….. :D
        thanks

        • Hi Wardana, maaaappp waktu itu belum sempat ngedit2 eh! Ternyata sudah ke send deh balasannya trus saya langsung cabut pulang he-he-he

          Kamu telpnya untuk membuat janji permohonan visa apa ke no ini : +62 21 527-1904
          memang sibuk sih karena seperti yang saya katakan kalau bulan Mei – September lagi padat2nya, jadi keep on trying yaaa .. atau coba email juga ke : jak-visa@minbuza.nl sama juga untuk buat janji bisa ke alamat tersebut.

          Setau saya, yang paling mudah apply visa ya ke kedutaan Belanda, atau coba join milis IBP, kirim email kosong ke : indobackpacker-subscribe@yahoogroups.com banyak share orang2 yang melalang buana ke LN, mungkin saja kamu bisa dapat info disana ;-)

          Sorry ya ga bisa bantu lebih lanjut, tetap SEMANGAT cari jalan keluar, ok! ;-)

    • Hi Wardana, bisa saja booking hotelnya dicancel, tapi belakangan ini sepertinya kena charge karena mungkin banyak yang lakukan hal yang sama hanya untuk dapat visa saja, jadi kamu harus tanya dulu ke hotelnya akan kena berapa biaya cancelnya.

      Memang antara bulan Mei hingga September pembuatan janji untuk permohonan visa sangat padat karena periode tersebut banyak mahasiswa yang apply visa mau kuliah di Belanda jadi mereka inilah yang diutamakan pihak kedutaan.

      Kamu akan berangkat kapan? Walau penuh apa kamu sudah dapat tanggal untuk bisa masukkan berkas ke kedutaan? oh ya ada aturan baru ttg foto, silakan liat detailnya pada tulisan saya diatas.

      Link kedutaan Belanda di Jakarta : http://www.mfa.nl/jak-id/urusan_konsuler

      • akhirnya tembus juga di kedutaan belanda, saya dapat jadwal interview di awal bulan Juni.
        Semoga interviewnya lancar.

        thanks utk saran dan supportnya!!

  31. mbak, saya mizan,,,,saya laki umur 25 tahun, dan ingin banget kerja luar negeri,,,apakah mbak bisa bantu??? kendala saya saya gak ada dana sama sekali, saya kerja sebagai desain grafis di suatu persh. advertising di jakarta,,,,mbak tolong banget mbak,,,aku pgn bantu ekonomi keluarga,,,maklum ortuku sudah rentan n aku anak pertama, adiku masih kecil smua…..makanya saya ingin cari penghasilan diluar negeri…..dimanapun mbak, makasih atas perhatiannya,,,,,

    • Hi Mizan, tahun lalu saya hanya liburan ke LN jadi tidak bisa berikan info yang kamu butuhkan, setau saya Eropa atau negara barat lainnya sangat ketat dg pendatang, jadi kalau mau kerja ya harus sudah pasti ada yang memperkerjakan di LN. Pihak kedutaan tidak kalah ketatnya mengenai hal ini, mereka sering menaruh curiga dengan orang2 yang mau liburan tapi ujung2nya malah kerja illegal, makanya banyak kasus visa yang ditolak.

      Coba tanya ke agent tenaga kerja, atau coba join milis IBP, kirim email kosong ke : indobackpacker-subscribe@yahoogroups.com banyak share orang2 yang melalang buana ke LN, mungkin saja kamu bisa dapat info disana ;-)

  32. hay mbakk..aku mau minta advise niy..rencana nya mau k belanda bulan sep sama keluarga (nykp+adik) dlm rangka mengunjungi kakak yg lg sekolah dsana.surat undangan akan dikirm sama dia. cuma aku kan statusnya kerja skrg, pada saat sep aku berniat mau resign. itu bagaimana ya? kalo surat keterangan kerja gk ada bs gk ya? nykp jg kan ibu rmh tangga berarti gk ada surat ket kerja. kondisi nya bgmn ya kalau spt itu? thanks a lot ya

    • Saya coba bantu jawab ya. Bagaimana kalo Amanda ini apply-nya sebelum resign? Itung-itungan waktunya kapan baiknya apply – dicek dg kedutaannya, atau tentang ijin cuti dari kantor yg sekarang, ya pokoknya semuanya pake itung-itungan dan probabilitas, heleh ribet yah? hehehe jadi bagaimana, Nella? ^_^

    • Hi Amanda, apa kakakmu cukup menanggung kedatangan dua orang selama kamu dan nyokap di Belanda? alias sebagai sponsorship? Karena nanti selain surat undangan kakakmu harus menyertakan copy tab. 3 bln terakhir / slip gaji, ada baiknya jika dia punya teman orang sana bisa minta bantuan sebagai sponsornya dan sebagai pihak pengundang.

      Usul dari Nelda bagus juga tuh! Amanda kenapa resign? Ga sayang kerjaannya? Waktu saya liburan tahun lalu pergi dengan unpaid leaved, jd tidak digaji selama pergi liburan, atau jika punya saudara yang HRD bisa minta bantuan untuk dapat surat keterangan kerja.

      Untuk nyokap kamu bisa sertakan bukti keuangan di bank dan surat2 berharga lain seperti kepemilikan rmh, kendaraan bermotor, deposito.

      @Nelda, thanks ya sudah duluan bantu jawab ;-)

  33. wah,,infonya bagus banget,,mba,,help help donkj nih,,
    btw aku dah apply tgl 15 April 2010,,nah saya harus balik lagi nih tanggal 29 april 2010 .trus di suruh bawa copy travell insurancenya,,nah pertanyaann saya kita harus beli dulu atau tidak? cz dulu waktu aku apply kan ditolak(tahun 2008) karena waktu itu status saya masih pacar dari orang yg menjamin saya plus saya pengangguran(di kasih tau di tolaknya 2 hari berikutnya).sekarang status saya kan istri dari pengundang dan bekerja.nah,,saya masih bertanya2 tentang travell insurancenya,,,harus beli atau bagaimana ??(untuk masalah travell insurance)karena saya belum tau visa saya diterima atau ditolak..thanks,,

    • Hi Jeng Siska, utk visa ke Belanda kan ya? kalau tinggal disuruh bawa polis asuransi, ya berarti sdh aman, yakni tinggal ambil visanya saja ;-) .. iya asuransinya HARUS beli dan ditunjukkan ke consular ketika ambil visanya dan kamu serahkan satu lembar kopiannya. Jeng pls cek inbox ya, sy kirim detailnya.

  34. Waah,mba, infonya oke.
    Mo tnya nih,klo mo bikin visa kunjungan schengen ke Bld skitar 90hr, akte lahir perlu di terjemahkan ke bhs Inggris ga ya?Soalnya akte saya msh jadul, alias blum bilingual..
    Makasi :-)

    • Hi Nana, km ga perlu akte kelahiran utk apply visa 90 hari, ktp kita jg ga ditanya kok. Good luck ya ;-)

  35. hai wah postan yg ok :)
    makasi sblm nya…
    oh iya ini aku kan rncana ke turkey ada konggres gitu nah stlh itu aku mau extend ke eropa buat jalan2 1 minggu..trz baliknya dari turky lagi…
    sjauh ini si tiket dr turkey yg paling murah ke italy..jadi kira2 gampang gak ya ngurus visa di kedutaan italy??atau mana yg paling gampang?
    oh iya klo aku udah prnh dpt visa schengen ada efeknya gak??
    makasiii skali yahhh :)
    ditunggu balasannya :)

  36. hey kak, minta info lebih lengkap dong. awal juli ini aku mau ke belanda, pacarku dan keluarganya (warga negara belanda) undang aku untuk summer vacation di sana. mereka yang tanggung biaya semuanya, surat sponsor udah siap. berarti aku harus bawa bukti kemampuan secara finansial sponsor (kopi rekening bank/buku tabungan 3 (tiga) bulan terakhir dan/atau slip gaji 3 (tiga) bulan terakhir) kan? aku masih harus bawa rekening tabungan orang tuaku selama 3 bln terakhir nggak? aku kan masih mahasiswa ni, aku harus bawa surat keterangan dari kampus nggak (seperti waktu buat passport)? terus yg dimaksud ‘pemohon masih di bawah umur’ tu usia berapa aja kak? aku 19 tahun. dank je wel kak, waiting for ur reply :)

    • Hi Nindya, km bisa tanya via telp atau rajin2 liat website embassy ya, trus cek email aq baru kirim ke km ;-)

      • hi mba..salam kenal..mbaa..ak malah baru bgt nih mau rencana jadi nanny dibelanda tapi ini pertama kalinya aku kebelanda kalo nanti jadii..dan ga ada yang aku kenal disana..aku agak takut bgt..tp takutku reda setelah baca komen2nya mba ini..mba udh brp lama disana??mksh udh mau berbagi pengalaman

  37. Hi Hostelio, for now my blog is with Indonesia language are you sure with that compliment? :D anyway thanks for your comment ;-).

  38. Dear..minta info yg lebih deatil untuk ke Belanda mbak..saya ingin s ekali kesana tapi tak punya kenalan untuk invittation..pusiang jadinya..udah dipersiapkan jauh ,…tapi ragu melangkah..bisa tolong mbak??

    thanks

    • Hi Ayu, seperti yg saya jelaskan di tulisan saya, walau kamu tidak punya kenalan yg bisa memberikan invitation letter, maka kamu bisa booking hotel di http://www.hostelworld.com untuk bukti pengurusan visa. Dimana ada kemauan pasti ada jalan, selengkapnya pls cek emailmu ya ;-)

  39. saya rencana mau ke belanda awal maret ini, semua keberangkatan saya dibiayai oleh teman saya, tp kl minta bank statement selam 3 bulan uang saya tidak cukup sebesar 30 juta. ada solusi ga?
    trus saya sudah keluar dari perusahaan saya bulan kemarin, apakah saya perlu melampirkan surat keterangan telah berhenti atau tidak perlu? terimakasih.

    • hi mbk cantik mlm en apa kabarnya …. aku senang mbk , mlm ini akhirnya dapat jadwal untuk interview di tanggal 9 juni jam 8 pagi. satu babak udah terlalui dan sekarang untuk interview apa saja akan ditanya ? kl kita punya invitation nya dari clon kita ,kan kita tdk boleh bicara kl hubungan pacar dan saya harus jawab apa spy semua lancar dan lolos dapat visa. makasih mbk ….

Komentar ditutup.