Panduan Pengajuan Visa di Kedutaan Switzerland (Jakarta)

Apply Schengen Visa (Foto: gettyimages)

Ini kali kedua saya apply Schengen visa, tahun 2009 saya apply via kedutaan Belanda karena pengundang saya dari sana, nah pada kesempatan ini sponsor saya bermukim di Swiss, jadi saya datang ke kedutaan Swiss untuk proses pengajuan visanya.

Swiss bergabung menjadi anggota Schengen Country per 12 Desember 2008, dan pada umumnya persyaratan untuk pengurusan visanya kurang lebih sama untuk Negara Schengen.

Menurut saya perbedaannya mengenai asuransi. Di kedutaan Belanda, asuransi perjalanan kita tunjukkan pada saat pengambilan visa, sedangkan kalau di kedutaan Swiss, asuransinya harus sudah disertakan atau dibeli sejak awal pada saat pengajuan visanya, kalau visa ditolak berarti resiko polis asuransinya ya hangus!.

Adapun Visa Schengen berlaku untuk negara-negara yang disebut di bawah ini:

1. Austria
2. Belanda
3. Belgia
4. Ceko
5. Denmark
6. Estonia
7. Finlandia
8. Hongaria
9. Islandia
10. Italia
11. Jerman
12. Latvia
13. Lituania
14. Luksemburg
15. Malta
16.Norwegia
17. Perancis
18. Polandia
19. Portugal
20.Slovakia
21. Slovenia
22. Spanyol
23.Swedia
24 Yunani
25. Swiss
26. Liechtenstein (per 19 Desember 2011)

Visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, dan kalau tidak ada masalah apapun (semua dokumen atau syarat sudah lengkap) maka visa sudah bisa diperoleh dalam waktu 10 hari 3 hari kerja (beberapa orang mungkin membutuhkan waktu lebih lama, berkenaan pengecekan host family/pengundang di Swiss). Saran saya sebaiknya visa diurus jauh – jauh hari, karena kita tidak pernah tahu hambatan apa yang bisa kita hadapi ketika pengurusan berlangsung.

*Mulai tahun 2012 pengajuan visa ke Swiss harus membuat perjanjian dahulu melalui email jak.visa@eda.admin.ch  (info dari Wazzen yang sedang apply Swiss lagi).

Dokumen yang harus dipersiapkan untuk Pengajuan Visa :
1. Form Schengen Visa yang telah diisi lengkap (form bisa di download dari website kedutaan Swiss), atau silakan klik disini.

2. Paspor yang masih berlaku (minimal 3 atau 6 bulan untuk amannya). Jika Anda sudah ganti paspor, maka paspor lama harus disertakan juga. Sertakan fotokopi halaman data pribadi paspor Anda.

3. 2 (dua) lembar pasfoto berwarna terbaru ukuran 35*45mm ( 3X4 cm) ditempel diform aplikasi visa. (wajah Anda harus tampak 70-80% nya) bisa dilihat ketentuannya pada website kedutaan, atau silakan klik disini.

4. Bukti tiket / booking tiket PP (saran saya jangan beli tiket dulu karena kalau visa ditolak maka tiket Anda bisa saja akan hangus, jadi cukup minta print out booking nya dari travel).

5. Bukti kemampuan secara finansial diri sendiri (kopi rekening bank/buku tabungan / deposito 3 (tiga) bulan terakhir).

6. Surat keterangan kerja (menerangkan berapa lama Anda telah bekerja, posisi, gaji Anda dan juga berapa hari Anda akan cuti bekerja).
Contoh surat keterangan kerja (rekomendation-letter) silakan lihat blog teman saya Kei http://travellingwithkeishinta.wordpress.com/2012/05/28/recommendation-letter/

7. Asuransi Perjalanan, yang berlaku di wilayah Schengen dengan pertanggungan minimal sebesar € 30.000,-. (saya gunakan AXA platinum 15 hari 43USD jangan lupa di fotokopi). Asuransi saya beli di SIRIUS TOUR alamat : Rukan Tanagamas Jl. Tanah Abang III/19 Blok C No.19 F Jakarta Pusat 10160 Telp : 021 – 3447338 ; fax : 021 – 3447330 Email : general.sirius@siriustour.com

8. Jika Anda tidak memiliki keuangan yang memadai untuk membiayai perjalanan Anda, maka bisa saja host person di Swiss menjadi sponsor Anda, untuk ini proses visa bisa beberapa minggu karena butuh pengecekan di Imigrasi/bagian terkait di Swiss.

9. Membayar biaya pengurusan Visa sebesar Rp.750.000 (cash).

Dokumen yang diperlukan dari Pengundang (Host person di Swiss) :
1. Kopi paspor pihak pengundang (dan juga fotokopi izin tinggal, dalam hal ini jika pengundang bukan warganegara Swiss).

2. Bukti kemampuan secara finansial sponsor (kopi rekening bank/buku tabungan 3 (tiga) bulan terakhir dan/atau slip gaji 3 (tiga) bulan terakhir).

3. Saya juga menyertakan surat kontrak kerja Sponsor (ybs WN Jerman).

4. Surat Undangan dari Sponsor (menerangkan periode Anda akan berada di Swiss, dan pihak sponsor akan menanggung semua kebutuhan Anda).

*Catatan : Untuk pengajuan visa di kedutaan Swiss pihak kedutaan hanya berikan masa tinggal dua minggu (sampai 15 hari), kalau Anda mau tinggal lebih dari 2 minggu maka Anda harus ajukan 2 bulan sebelumnya karena harus ada proses khusus dengan pihak di Swiss. Untuk Asuransi yang mau tinggal lebih dari dua minggu bisa disertakan menyusul.

Dua hari sebelum saya datang ke kedutaan, pihak sponsor saya mengirimkan via email untuk dokumen bagian dia (bisa juga kirim via fax). Kemudian saya datang membawa semua dokumen (bagian saya dan sponsor) tersebut diatas ke kedutaan Swiss pada 21 Desember 2010 (Langsung datang saja, tidak perlu telepon atau buat janji). Lokasi kedutaan ada di samping kedutaan Hongaria, deretan kedutaan Belanda, kalau Anda bawa kendaraan (motor) bisa parkir di kedutaan Belanda.

Alamat kedutaan Switzerland di Jakarta :

Jl. H.R. Rasuna Said
Blok X 3/2, Kuningan
Jakarta-Selatan 12950
Phone: +62 21 525 60 61,
Fax: +62 21 520 22 89
E-mail :

Informasi Umum: jak.vertretung@eda.admin.ch

Informasi Visa: jak.visa@eda.admin.ch
Website: www.eda.admin.ch/jakarta

Saya tiba di kedutaan sekitar jam 08.40 pagi, tidak ada siapapun disana, dan petugas keamanan katakan loket baru di buka jam 09.00 beberapa saat kemudian datang 2 orang lagi,

 

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Tentang iklan-iklan ini

68 pemikiran pada “Panduan Pengajuan Visa di Kedutaan Switzerland (Jakarta)

  1. hallo mbak mau tanya ni.saya tinggal dijogja.saya mau kswiss bulan oktober.pacar saya sebagai sponsor saya.kalo dari bagian sponsor sudah selesai dari kopi paspor,kemampuan finansial surat undangan, booking tiket pesawat dan asuransi kesehata dan sudah demail kekedutaan terus untuk bagian saya apa saja syarat lengkapnya.tolong bantu ya mbak.terimakasih :)

  2. kak mohon bantuannya, saya kebetulan di luar kota, dan saya coba scanning smua data ke kedutaan swiss dan sudah Ok, yang mau saya tanyakan apakah saya harus buat janji dulu dgn pihak kedutaan, atau langsung datang bawa berkas2 nya, atau ada prosedur lain sbelum interview. terus setelah kita interview apa mreka masih butuh kehadiran kita, karna planning saya hanya 2 hari di jakarta. berat juga buat saya klo harus bolak balik ke jakarta. trima kasih untuk balasnnya….. GBU

    • Hi Luna, aplikasi per hari hanya diterima 15 orang, jam buka loket jam 9 pagi tp dr jam 7.30 kadang sudah mulai antri, nah saya kurang tahu belakangan ini apakah kedubes Swiss sedang ramai yg apply visa spt di kedubes Belanda. Jadi mungkin lebih baik kamu telp dulu kedubes Swissnya spy pasti, silakan hub. di Tel.: +62 21 525 60 61 dan +62 21 520 74 51 email : jak.vertretung@eda.admin.ch
      Kalau saya waktu itu datang langsung ke kedubes tanpa telp dulu karena memang sedang sepi yang apply visa. Oh ya ini untuk visa turis ya, karena untuk untuk long stay visa kita harus buat janji bisa email.

  3. Guten Tag Mbak Nella,

    Saya Denny, di undang oleh teman Saya untuk berkunjung ke Zurich.
    Rencana nya, Saya akan berangkat dari Nov 12 – Nov 25, 2011 selama 14 hari.

    Ada beberapa pertanyaan, tolong di jawab berurutan ya =)
    1. Kapan sebaik nya Saya meng apply Visa tersebut ?
    2. Copy Passport Dia, Rek. Tabungan Dia selama 3 bulan & Invitation Letter nya, di kirim melalui email ke Embassy Jakarta, dalam bentuk Scan ?
    Atau ke Email Saya, dan nanti Saya bawa bersama dengan Documents Saya ke Embassy Swiss ?
    3. Insurance itu di beli saat Kita apply Visa, atau cukup menyerahkan bukti pemesanan nya saja, saat Kita apply Visa ? Sama seperti Kita melampirkan booking an Flight Kita, tanpa harus bayar terlebih dahulu ?
    4. Saya baru lulus SMK Pariwisata Mei 2011 lalu, dan sekarang sedang ambil Toefl Preparation di English First Menteng, untuk melanjutkan kuliah di Australia January 2012.
    Apa yang Saya tulis di field Occupation ? Apakah Student, lalu menuliskan alamat EF Menteng ? Di tulis alamat Sekolah SMK Saya ?
    Atau lebih baik di kosong kan saja ?
    5. Jika semua fees Saya di sana covered oleh Dia, masih kah Embassy meminta Copy Buku Rek. Saya untuk proses apply Visa ? Walau Saya belum bekerja sama sekali ?
    Walau Saya tetap mempunyai tabungan, yang di isi kan oleh Orangtua Saya ?
    6. Berapa kisaran meal fee di sana sekali makan ?

    Tolong di jawab ya Mbak Nella, Vielen dank – Denny

    • Guten Abend Denny,
      1. Visa sudah bisa diajukan paling cepat 3 bulan, paling lambat 2 minggu (hari kerja) sebelum kebrangkatan.
      2. Bilang sponsormu scan saja kirim ke kedubes via email (semua surat2), nanti kamu yang print out untuk dibawa ke kedubes.
      3. Harus beli asuransinya, jadi ketika kita apply visa polis tersebut dibawa serta. Kecuali kalau longstay visa (tinggal lebih dari 3 bln di Swiss, tidak perlu beli asuransi dulu).
      4. Iya tulis student saja.
      5. Tetap harus punya sejumlah dana ditabungan, karena pihak kedubes akan bilang “masa iya mau jalan2 tidak punya uang sama sekali” heheheh dengar waktu seseorang ditanya seperti itu oleh konsularnya. Lebih baik pinjam dana dulu dari orangtua, isi ke rek. tabunganmu, Nov kan masih lama. Akhir september atau awal Oktober apply visa juga tidak masalah.
      6. Tergantung kamu makan apa, kalau makan di resturant pasti mahal banget, paling cari Mc. D atau resto semacamnya, sekali makan ya tetap mahal kalau dikurs ke rupiah mungkin sekitar Rp.150.000 – 200.000 atau kamu bisa beli bahan makanan di supermarket lalu masak sendiri. Coba baca disini Hidup di swiss mahal? .

      Grüße,
      Nella

      • Guten Morgen Mbak Nelly,

        Mau melanjutkan pertanyaan nya =)
        1. Rek. Commonwealth Saya di buka tanggal 31 Mei, sedangkan Host Saya ingin Saya untuk apply Visa 15 August,.
        Berarti itu belum genap 3 bulan, apakah tetap bisa di lampirkan ke Embassy ? Atau lebih baik Saya apply Visa di awal September ?
        2. “kirim ke kedubes via email (semua surat2), nanti kamu yang print out”. Maaf Mbak Nelly, Dia sudah kirim invitation, Passport & Visa Form juga sudah di isi dari pihak Dia. Namun, Saya bilang, Bank Account nya langsung di kirim ke Embassy saja, karena privasi Dia. Gpp kalau begitu kan ?
        3. –
        4. Dengan alamat EF atau Sekolah SMK lama Saya ?
        5. Rek. Saya ada cukup perputaran untuk di tabung & di tarik tunai, debet, transfer & lain-lain,.
        Kira-kira berapa jumlah tabungan yang cukup untuk di tunjukan ke Embassy, jika pergi antara 14 – 16 hari di Zurich ?
        6. Kemarin Saya mengecek website Supermarket di sana: http://www.leshop.ch/leshop/Main.do?currentMenu=SHOP_SUPERMARKET
        Apa lebih baik untuk masak sendiri di Flat nya ? Karena mungkin selain menghemat waktu(Saya malas pergi keluar, apalagi sudah menjelang Winter kan ?), juga menghemat peengeluaran ?
        Perbedaan nya jauh tidak, untuk masak sendiri & beli di luar ?

        Schoenes Wochenende,
        Denny

  4. Hallo Nella,
    salam kenal. Saya monica dari jakarta, rencananya mau mengajukan visa student ke swiss. Semua surat sudah ada, cuman statement bank aja yang belum. Perntanyaan saya, apa memang harus ada statement bank atau cukup foto kopi buku tabungan tiga bulan terakhir. Terus, apakah pihak sponsor harus mengisi Formular (kalau untuk di Jerman kita sebutnya Verpflichtungserklärung), atau hanya meberikan surat yang ditulis sendiri, yang menyatakan bahwa pihak sponsor akan menjamin seluruh kebutuhan saya di Swiss. Terima kasih ya mbak.

    Grüße,
    Monica

  5. hallo salam kenal,
    bisa kasih info ngak berapa biaya hidup disana (Swiss), biaya sekali makan, biaya transportasi lokal, biaya hotel yang yang murahnya.
    sebaiknya minimum bawa uang brapa ya untuk disana 15 hari. itu aja tks

    • Hallo pak Hendra salam kenal juga, saya pernah dapat info kalau untuk biaya hidup di Swiss kira-kira CHF 1.920 per bulan (saat ini kurs sekitar Rp.9.000-9.500). Berhubung ketika saya ke swiss selama 2 minggu ditanggung sepenuhnya oleh sponsor saya, jadi saya tidak menghitung berapa pengeluaran saya selama disana.
      Mungkin bisa tanya langsung ke teman saya Kei Shinta, karena dia pergi independence ke Swiss dan menginap di hotel. Blognya dia http://keishinta.wordpress.com

    • Rincian pengeluarannya :

      Hotel USD 100/night

      Makan 3 kali, 100 USD/hari

      Transportasi 10 hari dengan swiss pas 500 CHF/10 hari

      Tiket masuk tempat wisata 14 hari 1000 CHF

      (Kurs Juni 2011, 1 CHF antara Rp. 9.000 – Rp. 9.500)

  6. sist, first of all congrats ya for ur marriage.. pasti heppi donkk…
    kok milih cowok swiss ? *kedipkedipmata*
    aku juga pengen punya dream come true kaya sister.. tapi kaya selalu susah dehh buat aq.. ada saran ga sis..?

  7. hi mba,

    mau tanya juga ttg pembuatan visa di kedubes swiss. saya rencanny mau pergi ke geneva dan stay selama 3 bulan atas undangan teman saya. karena ada undangan berarti saya apply untuk visitor visa.

    saya mau tanya untuk salah satu poin di persyaratan visitor visa ada tulisan ini :
    5. Prior to your application an invitation letter from your host in Switzerland must be mailed or faxed directly to the Embassy of Switzerland together with the host’s Swiss passport copy or Swiss residence permit. Evidence of how you know each other and reason for the visit must be provided.

    maksudnya gimana ya ttg evidence how you know each other ? dan reason for the visit must be provided.

    apakah kalau misalnya kita bertemu di internet, bukti percakapan kita harus di print out ? reason for visit itu kan sudah ada di surat undangan ya ? atau harus tertuang dalam bentuk surat sendiri ?

    mohon bantuannya ya mba :D

    lia

    • Hi Lia, max stay visa turis adalah 90 hari. Apakah kamu sudah pernah berkunjung sebelumnya ke Swiss? kalau untuk kedubes Swiss rasanya gak akan kasih deh masa tinggal lama. Masa tinggal max. 14 hari pengurusan visanya 8-10 hari kerja, kalau tinggal lebih maka proses pengurusan visa bisa 1-3 bulan.

      Yang diminta kedutaan adalah surat undangan dari sponsor, jadi pengundang kamu kirim email ke kedubes Swiss di Jakarta yang isi emailnya menerangkan dia mengundang kamu ke Swiss dari tanggal berapa sampai tanggal berapa, menerangkan kamu akan tinggal dimana (misal dirumah dia). Tujuan dia mengundang kamu dalam rangka apa. Kalau semua pengeluaran ditanggung pengundang maka diterangkan juga di email tersebut.

      Januari lalu sih waktu saya apply visa (untuk tinggal 14 hari di Swiss) kedutaan tidak minta bukti bagaimana saya kenal pengundang saya (mungkin saat ini ramai yang apply visa jadi untuk mempersingkat wawancara), tapi memang saya di wawancara hampir 40 menit karena pengundang adalah calon suami saya, maka ditanya sangat detail oleh konsular visa. Misal menanyakan bagaimana kita bertemu pertama kali, sudah berapa kali bertemu langsung dengan pengundang. Ketika pengundang ke Jakarta tinggal dimana, aktifitas apa saja yang dilakukan ketika pengundang berkunjung. Lalu sorenya pihak kedubes menghubungi pengundang saya di Swiss wawancara via telp.

      Lia bisa saja print out bukti percakapan chatting kalian. Tapi saya pernah dapat informasi kedubes langsung menolak loh pengundang yang statusnya hanya bertemu via internet, so sebaiknya diskusikan dulu dengan pengundangmu bagaimana baiknya menjawab kalau kedubes tanya hal tersebut. Saran saya sih kalau pertama kali ke Swiss jangan langsung stay 90 hari, karena jadi bahan pertanyaan kedubes bagaimana kerjaan kamu di Indonesia.

  8. Sist,saya mau tanya klo orang tua (65 tahun) belum pernah sama sekali keluar negeri dan ingin mengajukan visa ke eropa buat tour ,kira-kira peluang visanya akan diberikan besar atau tidak ya? Thanks

    GBU

  9. Kak gimana kabar…
    Aku Lusi,mau apply visa lagi nich di kedutaat Belgia.Dulu pernah ajuin 2010 tapi direject trus rencana mau apply lagi dan pihank kedutaan nanyain mau apply kapan.Nah aku kan ada yang mengundang cowoxku tapi disponsori adiknya cowoxku.Tapi dia bukan karyawan trus nga ada slip gaji.Dia owner perusahaan.Yang aku mau tanyakan apakah rekening pribadi perlu dicantumkan atau cukup neraca/laporan keuangan ajantuk sponsornya?Invitation letter dari cowoxku,sedang sponsor letter dari adinya.apakah itu mungkin.Alasannya apa kesana apa aku jujur aja ketemu cowkku dan dan mu ketemu keluarga dia dan tinggal ditempat cowokku.

    Best Regards
    Lusia

    • Hi Lusia saya baik2 disini ;-),

      Rek tabungan pengundang 3 bulan terakhir bisa juga ko. Bedanya invitation letter dan sponsor apa ya kok jadi bingung hehehe, ntar bisa jadi pertanyaan dari petugas visanya tuh.

      Iya bisa saja bilang mau bertemu keluarga calon kamu. Kalau pengalamanku apply visa via kedubes Swiss, mereka tanya macam2 karena saya bilang mau bertemu calon saya. Kemudian sorenya pihak kedubes hubungi calon saya via phone menanyakan banyak hal juga menyamakan jawaban kami berdua. Saya tidak mengetahui bagaimana prosedurnya kalau di kedubes Belgia, karena di setujui atau ditolaknya visa hanya si petugas dan Tuhan yang tahu.

      • Hihi betul juga ya kak hanya Tuhan dan si petugas yang tau jawabnya.Kalau pake sponsornya paman nga apa apa kan kak.Mau ajuin lewat kedutaan belanda aja habis kedutaan belgia full terus stress jadinya.Tapi maju terus pantang mundur.Mau rasain sendiri sudah senangnya apply visa asalkan jangan susah terus.repot jadinya kalau gitu.
        Mudah mudahan aja lancar ya.Terima Kasih banyak ya atas infonya

  10. hi sis,
    numpang nanya dikit.., waktu interview mereka tanya mengenai pekerjaan gak?
    company profile , salary atau lainnya.
    aku planning ke swiss ikut tour , tapi berhubung biaya pengurusan visa lebih mahal via travel jadi rencanya mo apply sendiri aja.. hehe
    tks for ur info.

    • Hi Mitha, iya pastilah di tanya tentang kerjaan kita, “kamu kerja dimana“, di PT. A “perusahaan apa itu? bergerak dibidang apa, kok saya gak pernah dengar” (dalam hati) “lah ibu emang semua orang beruntung ya bisa kerja di perusahaan besar??” hehehe ..

      Untuk salary memang harus dicantumkan di surat keterangan kerja dari kantor (contoh suratnya klik di tulisan saya diatas) kalau belum ada ket. tentang salary kamu tambahkan saja.

      Waktu interview saya ditanya ko gajinya tidak ada di buku tabungan? .. (dalam hati lagi) “lah ibu memang gaji tidak bisa di bayar cash? Hehehe

      Jawab saja pertanyaan dengan baik dan senyum. Ngurus sendiri mudah dan gak ribet ko dan lebih hemat tentunya, asal syarat-syaratnya dipenuhi semua. Termasuk bukti booking hotel di Swiss (harus ada bukti konfirmasi balik dari pihak hotel).

      Fyi kalau diurusin travel belum jadi jaminan visa di approved, saya ada teman yang ditolak visa Swiss nya. Waktu saya mau ambil visa kebetulan sempat nguping ada travel mau urus visa, orang travelnya ditanya, apa nama travelnya? ; travel A ..” kok saya gak pernah dengar?, dimana alamatnya?” ; di kelapa gading ; dimananya itu .. dekat MOI ..

      Ooo lalu si petugas visa minta lihat izin perusahaan travelnya, lalu bukti bookingan hotel yang sudah dikonfirmasi balik oleh pihak hotel. Karena tidak lengkap maka balik lagi deh si orang travel.

  11. oiya FYI, numpang nambahin info, sekadar tambahan field report dari kunjungan ke Kedubes Swiss kemarin, ya usahakan kalau mau ke sana sepagi mungkin, memang rentang jadwalnya dari jam 9 s/d 12 siang, tapi kalau sudah lewat kuota jumlahnya sekitar 15 orang, bisa ditutup sebelum jam 12, seringnya setelah jam 10 sudah ditutup untuk pengurusan visa, usahakan semua dokumen yang berhubungan dengan diri kita dibawa dan difotokopi agar nggak bolak balik, ok good luck untuk semua yang mau ke Swiss, :) GBU

  12. Hi Mba,

    Aku mo nanya nich, kan calon aku org swiss n tinggal d sn jg. nah dia mau ngundang aku ke sn.. pertanyaannya kira” pas d intrview pake bhs inggris ga? trus dr pihak dianya.. dia hrs lampirin apa aja yach? minimal tabungannya brp? ngajuin asuransinya bagaimana?
    Thanks yah atas infonya. GBU

  13. Hello…

    Mo nanya nih, kalau visa pelajar (study master 2 tahun) dokumen-dokumen apa aja yang diperlukan? Apakah cukup hanya dokumen2 yang seperti Mbak tulis di atas? Atau ada dokumen khusus lain, ijasah misalnya???

    Thanks a bunch!
    Dinna

  14. hi kak Pursuingdream, salam kenal, nama saya Wazeen, numpang nanya nih ya kakak, bulan Juli nanti saya mau ke Swiss tanggal 17 Juli s/d 10 Agustus 2011, saya mau mengajukan visa besok hari Jumat, saya ke Swiss dalam rangka mengikuti workshop di sebuah LSM di Caux, biaya akomodasi saya selama di sana sepenuhnya dikover oleh penyelenggara, saya hanya tinggal membayar biaya visa dan asuransi saja, pihak penyelenggara juga sudah memberikan surat sponsornya untuk saya, pertanyaan saya kak,
    1. visa jenis apa yang pas untuk workshop yang seperti ini?
    2.apakah saya juga perlu melampirkan fotokopi rekening koran tabungan saya? atau cukup surat sponsor dari lembaga yang mengkover kegiatan saya di sana?
    3.Apakah kalau apply sekarang masih cukup waktunya kak? kalau saya kalkulasi waktu yang tersedia untuk apply visa ada sekitar 1.5 bulan.

    Terima kasih kak jawabannya. salam hangat dari saya Wazeen.

    • Hi Wazeen,
      Setahu saya proses pengurusan visa 8-10 hari kerja itu untuk yang akan tinggal di Swiss max. 14 hari, diluar itu maka prosesnya bisa 1-2 bulan karena banyak yang harus di cek di Swiss.

      Untuk workshop mungkin masuk category visa bisnis? ditanyakan langsung by phone ke Telp : 021 525 60 61 email : jak.vertretung@eda.admin.ch

      • Terima kasih banyak mbak, informasinya sangat membantu, btw saya excited sekali untuk ke Swiss, tapi agak ketar-ketir juga ngeliat kalau apply visa Swiss take time sekitar 1 s/d 2 bulan, mohon doanya ya mbak :)

  15. Kak, aku mau tanya nih kak. Puji Tuhan, July ini aku terpilih ikut SummerSchool-nya WIPO di Geneva, Swiss selama (14 hari), tapi aku rencananya dateng 2 hari sebelum summerschool-nya, terus aku lanjut lagi SummerSchool di Giessen, Germany (1 bln) ampe tgl 20 Agustus. Nah kak, aku bingung apply di kedubes swiss atau jerman yah kak? Terima kasih yah kak sebelumnya, GBU :)

    • Hi Maria, selamat ya buat SummerSchool-nya. Visa bisa diajukan di Negara terlama dimana kamu akan tinggal. Jadi dalam hal ini kamu bisa ajukan visanya melalui kedubes Jerman. Syarat Visanya silakan klik Visa Jerman Gbu ;-).

      • terima kasih yah kak atas infonya. aku mau tanya lagi kak, kalo kedua pihak summerschool tersebut udah kirim invitation letter (di dalamnya ada pernyataan mengasuransikan aku selama disana dan menanggung akomodasi disana). Kira-kira aku perlu beli asuransi perjalanan lagi gak kak? Oh iya kak, waktu kakak ke Swiss lebih banyak orang sana pakai bahasa Jerman atau Perancis?

        Terima kasih banyak yah kak. GBU :)

        • asuransi itu gunanya selama kita stay di LN ko,kalau sudah ada yang tanggung kamu ga perlu beli lagi.
          mengenai bahasa tergantung kamu akan tinggal di kanton apa? karena ada yang gunakan bahasa Jerman ada juga yang Perancis. Waktu itu saya tinggal di tempat yang berbahasa Jerman. GBU juga Maria, sukses ya ;-).

  16. mba, buat apply visa nya perlu interview atau datang langsung ke kedutaan gak? Bisa ga dikirim pake post aja? soalnya dr Papua.

  17. Hi Adi, kalau ada stempel reject kedutaan maka stl 6 bln baru bisa apply lagi. Kalau ga ada stempel mungkin bisa coba apply dari negara schengen lain spt Belanda (kalau ada sponsor). Tapi kedutaan belanda tnyata jadwl wawancara sdh penuh smp mid. Mei :(. Harus diperhatikan juga tabungan sdr. Adi di Indonesia 3 bln terakhir nominal harus besar mengingat akan stay lama di LN. Kayanya harus diatas 25 jutaan. Duuh saya jadi ikut bingung :'(

  18. Hi Sis

    saya mau tx lg nie,mohon maaf ya sblumx
    gini….
    kira2 apa yg sya hrus lakukn, Visa sya di Tolk dri kdutaan Swiss
    apak memugkinkn Visa say akn diterimah jik sya Upply ulng
    atw apak akn di tolk lagi yg ke 2 n 3 klinya jik di Upply lg
    sy brncan mau Upply lgi,kalo mmungkin bisa ditrmh lgi
    krn rncan kbrgktnnya kn 11 Mei
    dan untuk tanggl tiket kbrgktnnx bisa di gnti di hri yg lain
    itu aj yg sy mau txain ma Ka,moga bisa mmbntu sya
    thnks
    Adi
    sy mndpt tlp pgi tdi dr kntor swiss di jkrt,bilgx di tolk (blm tw alsnx ap)

  19. Hi Sis

    Mau nanya ni, saya di undang teman untuk liburan/jala2n ke erope
    di bulan may mendatng,dan hri Jumt tgal 8 kemarin sya Upply Visa Swiss saya di kantor kedutaan Swiss di Jkarta.
    sya dah di interview pnjang lbar,interviw na bjlan lncar dan smua document sya dan sponsor sya lengkap dan merek terimah,tapi haxa foto copy rekening sya sy tidk lmpirkan dn saya di sruh mail ke mereka,saya sudh mail 2 hri stelhnya
    trus sethuQ,kalo smua g bmslah, prosesnya kan hny spluh hri kerja,tapi dan 2 mnggu ini belm ad kbr, ktx kalu da slsai merka akn kirm ke rumh sya mlalui Tiki.,dn kebetuln sy tinggl di SOLO.
    sya dah tlp,,dn kta Ibu Bule itu prosesnya dua bln,kera sya akn tinggl dn liburn di sna 2 buln juga…
    say jdi bngung.,kalo ampe bnr 2 buln brrti kelwat dong tggl kbrgktn sya..
    trus ka,sy hrus nugu aj atw giiman yah,,jdi bingung n g tnang
    Tnks

    • Hi Adi seperti yang saya ditulis diatas, kedutaan hanya akan keluarkan visa dalam waktu 10 hari yakni untuk yang masa tinggal di Swiss max. 14 hari. Kalau tinggal lebih lama maka prosesnya memang 2 bulan bahkan lebih karena mereka bilang harus banyak pengecekan yang dilakukan pada Host person di Swiss apa kompeten untuk mensponsori selama dua bulan.

      Harusnya sih sebelum kamu apply visa bisa tanya kedutaan Swiss dulu untuk mekanismenya, karena setiap kedutaan beda-beda ketentuannya.
      Makanya waktu saya ke Swiss hanya 2 minggu ya karena prosesnya itu lama kalau yang tinggal lebih dari 2 minggu.
      btw Adi belum issued/bayar tiket kan?

      • Hi Sis
        Makasi dah repleyd dan thnks bget infonx
        saya si pgnenya da mau Uplly jauh2 hari, tpi dari host personx hrus nugu blsn dri kedutan swiss,kren dy da krm email,stlh it bru sy di suru untk gpain..
        Q jg g grti knp dy mw dgn cr bgtu, dlm pkirnQ mugkin beliau jg lbh tw jdi ywd ikut aj
        dia bae sx orgx,dy rekn kerj ka2Q,, trus dy mau ajk Q lburn ke ngrx pas klo Q lburn n jg kalo Q mw,lbrn ahir April in

        oh ya smua persrtn dah lgkp,trus juga tketx,dh di byr jug kyx,
        cos tiktx dah di prin out n krim k Q yg asli
        tpi dri host prsonx si blgx gpp klo lwt dri tgl kbrgktn,tiket bsa di gnti :-)
        no plm

        nah,ni sini akn jdi mslh lg, “klau” Visax d stujui dri kdutaan stlh tggl kbrgkktan Q,, mka smua documents hrus di rubh lgi kyx
        seprti tgl brpa brgkt n kmbli ke indo (brpa hri stay di sna)
        jg surt asurnsix dll
        dan form visax jg,, itu bkl di gnti/di ubah ga..dn klo meg ky gtu Q mlh lbh ingung lg
        menurt Ka gimn..
        soalx Q jg bru brpeglamn di sini,
        n ini mnjadi suatu pmbljrn bgi sya,,yg sgt besar….

        • Hi Adi,
          Iya semua harus diganti lagi dokumennya, diatur saja supaya revisi tanggalnya dilebihkan beberapa hari dari kemungkinan keluarnya visa. Namun lebih baik lagi sih kalau revisi semua dokumen setelah visanya keluar dulu deh, bisa gitu ga? Supaya benar-benar yakin toh kalau visa sudah ditangan.

          Untunglah kalau tiket & asuransi bisa diganti tanggalnya. Next time jangan issued/bayar tiket ya sebelum visa ditangan. Karena kalau beli tiket promo gak bisa tuh ganti-ganti tanggal, akibatnya tiket bisa hangus.

          Menurut consular visa kedubes Swiss, kalau mau stay max. 2 minggu harus beli asuransi ketika kita apply visanya, namun kalau stay lebih dari 2 minggu (misal 1 atau 2 bulan), maka asuransi bisa menyusul setelah visanya keluar.

          That’s right kita belajar dari pengalaman, saya juga thn 2009 dapat pembelajaran besar ketika pertama kali apply visa ;-).
          Oh ya kalau mau tanya-tanya sesuatu ke consular visa, misal mau tanya status visanya sudah bagaimana, coba email kedubesnya, mereka cepat ko merespon, silakan hubungi : jak.vertretung@eda.admin.ch

  20. iyaa kak kado paskah nii :)
    tp ada sepupu saya yg pas mau apply ditolak, krn dia mau kerja dsna
    katanya si tante bule tuu kl kerja kans keluar visanya kecil

    • Kado Paskah terindah yang kamu bakal ingat seumur hidup yaaa :D
      Sepupumu sudah diterima kerja atau baru mau cari kerja disana? kalau baru mau cari ya susah pasti langsung ditolak visannya.

  21. Puji Tuhan kak, visa udah dikeluarin ma kedutaan swiss !! :)
    hehehe
    sempet grogi juga siih pas interview di kedutaan, eeehh trnyta interviewnya konyol abiis, hhaa :)

  22. HI sis, gmn ya klo aku rencana ke swiss jumpa dgn kluarga Boyfriend aku. tapi skrg BF ku kerja dan tinggal di singpura, rencana kami ke swiss bareng bulan juni. bisa gk dia jadi host person aku, secara dia skrg gk di swiss, tapi di singapore. thanks for information…..

  23. Puji Tuhan, hampir semua udah terpenuhi, saya menginap di rumah tante saya, dan mereka sudah mengirim invitation letter serta rekening keuangan mereka
    urusan visa udah agak lega’
    iya ka’ ntr kl dah dapet, aku ksih kabar :)
    o ya kak, kan nii aku pergi sendiri kesana, dan ini pengalaman pertama aku pergi sendirian ke abroad.
    kl blh ksih advise, gimana tips aman berpergian sendiri ?
    karena sempet trauma, kehilangan dompet di dubai pas dari israel :(

    • Duuhh serem juga ya kehilangan dompet ketika berlibur. Tips aman, paling untuk barang-barang berharga seperti uang, paspor, tiket dll bisa disimpan di “money belt” kan lebih aman ditaruh di perut ketutupan baju juga. Diatas pesawat juga harus hati-hati, waktu itu saya liat ada bule yang ketika mau turun pesawat dia marah-marah ke pramugari karena dia kehilangan barang berharga.

  24. Wah saya baru tahu ternyata urus visa Swiss bisa melalui agent :D Sebenarnya kalau urus sendiri juga mudah ko, form visa bisa download dari website kedutaan lalu isi data-datanya dan lengkapi dokumen yang diminta, biaya kan jadi lebih murah hehe. Kewajiban untuk interview adalah mutlak harus dilakukan untuk semua pengurusan visa. Saya sih belum pernah tanya langsung kedutaan faktor apa yg bisa bikin visa ditolak tapi pernah ada yg cerita kalau alasan kita tidak jelas ngapain ke Swiss ; tidak ada sponsor tapi pingin tinggal sebulan di sana hanya booking hotel 2 minggu nah sisanya nginap dimana? ; teman yg kita kenal dari internet (belum pernah bertemu langsung) kita minta jadi sponsor, nah hal tsb bikin curiga kedutaan ; status keuangan kita dan sponsor apakah akan mencukupi selama kita di Swiss. Status kerjaan kita dan sponsor nanti akan ditanya juga. Pokoknya relaks aja jawab semua pertanyaan dg singkat2 jelas dan mantap jawabnya. Kalau dirasa perlu kedutaan akan telp sponsor Peter di Swiss jadi kamu harus kasih tahu dia begitu selesai interview apa saja yg ditanya, jadi jawaban kalian sama, oh ya itu kalau kamu ada sponsor ya. Good luck ntar pls inform kesini lagi kalau visamu sudah dapat yaa..

  25. Shalom Peterus, kalau mau tinggal selama sebulan di Swiss maka pengajuan visa harus jauh-jauh hari, butuh waktu sebulan untuk proses pengurusan visanya, jadi kamu sudah bisa ajukan pertengahan April ini atau awal Mei. Asuransi jangan langsung dibeli. Konsular visa ada dua orang (wanita), pertama org indo yang fasih bhs. Indonesia dan satu lagi orang kita. Wajah sangar spt apa ya? :D biasanya petugas konsular sikapnya tegas so kita jangan langsung grogi ya. Interview dengan bhs. Indonesia.

    • iyaa ka’, sbenrnya saya udah lewat agent bwt apply visa, pengennya gak repot, eeh trnyta juga msh repoot, msh juga ada interview hehe
      semoga ajaa pas apply ntar bisa diterima, cz udah gak sabaar buat k suisse hehe :)
      kalau blh tau, salah satu faktor visa bisa ditolak tuu apa ya ka’ ?

  26. shalom kak’
    aku mau tanya nii’, kan q rencana akhir juni mau ke swiss nii selama sebulan, n nii mau apply visa, trus pas di interview tuu orang yg interview wajahnya “sangar” gak ? hhee :)
    trus interviewnya tuu pake english atau indonesia ?
    thanks kak’

  27. hi mbak, aku mau tanya nih, urus visa tourist ke jerman kira2 sama gak ya klo ke swiss?
    kalo sudah ada sponsor yang menanggung, apa kita juga harus ada bukti buku tabungan 3 bulan pribadi juga?
    ada minimalnya?
    need ur information. thanks :)
    Monica

      • mba aku kan rencana mai ke swiss pertengahan tahun ini . sy rencana ke swiss liburan tp tinggal di rumah teman yang orang asli swiss. pertanyaan saya, kira-kira berapa ya saldo rekening yang di butuhkan? karena biaya dll saya yang bayar tp tinggal di rumah teman saya itu. jadi teman saya siapin copy pasport,visa dan surat referensi. apakah saya jg perlu rek tabungan dia 3 bln? karena dia kan cuma teman. jadi saya yg menyediakan rekening tab 3 bln terkhir saya. kira2 saldo tabungan kita berapa ya di rekening? trus saya rencana mau liburan ke sana selama sebulan atau 2 bln? apakah lebih ribet/susah dapat visa kalo selama itu di sana/. trus gimana tentang asuransi perjalanan? kalo selama itu apakah tetap saya harus beli asuransi dulu dan bawa saat datang interview atau nyusul stelah interview? mohon info ya mba? thanks a lot!

  28. hi sis,
    makasih banget buat jawabannya, sebenarnya saya bakal ke sana berdua sama teman orang indo tapi tinggal di Australia, jadi di flight itenary nya ada dua nama, tapi temen saya apply di Australia saya di Jakarta. Tujuan kita tentu saja mau jalan2, eurotrip bareng, temen saya yg di swiss juga bakalan join bareng kita, jadi rencananya 2 minggu kurang di Geneva trus sisanya ke negara2 lain, yang pasti minggu terakhir bakal stay di paris, karena tix saya KL-paris return. Oh ya total selama di Europe 45days. Ada saran gak sis? karena hanya numpnag akomodasi jadi dari dia hanya invitation letter dari dia + Scan Passport trus apalagi yang mesti dia email ke swiss embassy? makasih banyak say.,.:D

    • Hi Mutiara,
      Desember lalu sebelum saya apply visa, saya telp kedutaan Swiss di Jakarta, petugasnya bilang kalau mau stay lebih dari 15 hari maka untuk prosesnya kurang lebih sebulan bahkan bisa lebih, jadi kalau kamu mau stay 45 hari harus apply visanya jauh-jauh hari, atau boleh tanya-tanya petugas kedutaan di 021 525 60 61

      Saya pernah baca pengalaman orang yang apply visa di kedutaan Perancis katanya ribettt, yang paling mudah ya melalui kedutaan Swiss atau Belanda.

      Yang harus di email ke kedutaan Swiss / Dokumen yang diperlukan dari Pengundang (Host person di Swiss) :
      1. Invitation letter (surat pribadi host di Swiss isinya kalau dia undang kamu untuk ke Swiss dan tinggal dirumahnya, periode masa tinggal disebutkan juga, akomodasi kamu yang tanggung).
      2. Kopi paspor pihak pengundang (dan juga fotokopi izin tinggal, dalam hal ini jika pengundang buka warganegara Swiss).
      3. Bukti kemampuan secara finansial sponsor (kopi rekening bank/buku tabungan 3 (tiga) bulan terakhir dan/atau slip gaji 3 (tiga) bulan terakhir).

  29. hi sis,
    boleh tau gak pertanyaan yang mereka ajukan apa saja selama interview? trus sis jawabnya apa?
    saya kebetulan ada rencana mau ke swiss, point of entrynya sih paris, tapi karena rencana lebih lama di swiss jadi mau apply schengen dari swiss embassy aja. Trus rencananya bakal nginep di rumah temen (teman dari facebook, belum pernah ketemu), tapi biaya semuanya saya tanggung sendiri (tabungan sy rasa lumayan cukup sih), dia hanya sediain accomodation aja sih, kira2 chance nya gimana ya sis

    • Hi Mutiara,
      Pertanyaan dasarnya : mau ngapain ke Swiss? ; Berapa lama di Swiss ; apa hubungan dengan pengundang. Karena saya mau ktemu keluarga calon suami jadi saya ada wawancara khusus yang ngejelimet. Kalau hanya jalan-jalan gak ribet ko, gak masalah kalau kamu belum pernah ktemu temanmu bilang aja km dapat undangan untuk jalan2 kesana. Jawabnya harus mantap ya, bilang mau mengunjungi teman, jalan-jalan sekaligus melatih kemampuan bahasa asing. Oh ya kalau ada rencana untuk masa tinggal lebih dari 15 hari untuk urus visa bisa lebih dari sebulan jadi kamu harus apply jauh-jauh hari ya.

      Untuk surat-surat yang harus disediakan temanmu dan kamu bisa lihat tulisanku diatas Good luck ya ;-).

      • Dear Sister,..
        mohon bantuan en infonya,..apa saja interviewnya jika ingin ketemu calon suami en mau nikah disana?..soalnya Liza rencana mau ke swiss dalam waktu dekat ini utk ketemu calon suami dan menikah,kebetulan calon suami Liza tinggal sendirian karena ortunya sdh wafat.
        apakah kalau Liza sdh resign dari kantor harus bawa surat keterangan dr kantor juga yah,Sis?..
        Mohon bantuannya yah Sis
        Thank you so much en GBU

        • Hi Liza,
          Kalau saya belum melewati interview buat nikah, saya baru pergi untuk kunjungan saja jadi pergi dengan schengen visa tujuan Swiss.
          Waktu itu saya ditanya antara lain, bagaiman kita pertama kali bertemu, apa sudah pernah bertemu secara langsung / tatap muka, si cowonya apa sudah pernah ke Indonesia, kedua belah pihak kerja apa saja, gak ditanya tentang orangtua kedua belah pihak, nanti pihak pria akan ditelp oleh kedutaan di Jakarta.

          Kalau mau pergi dengan schengen Visa atau visa turis hanya untuk kunjungan ke Swiss, status kita HARUS masih bekerja di Indonesia.

          Untuk syarat menikah di Swiss bisa buka link ini –>
          Information on marriage of Indonesian nationals in the
          Switzerland

          Kamu bisa join milis http://www.kpcmelati.org untuk share berbagi informasi tentang pernikahan beda bangsa.
          Good luck ya ;-)

Komentar ditutup.