Harumnya Kue Apel dengan Kayumanis

Harumnya Kue Apel dengan Kayumanis. Kemarin setelah pulang kursus bahasa, saya main kerumah teman saya Ni Luh, pulanngya celamitan deh, minta sekeranjang buah apel dari kebunnya Ni Luh 😉 . Tiba dirumah langsung meluncur ke dapur dan membuat salah satu kue yang jadi kesukaannya orang Jerman, yakni Apfelkuchen kalau bahasa Indonesianya “Kue Apel”.

Pertama kali membuat Apfelkuchen saya gunakan resep dari internet. Pembuatan kedua sampai keempat kalinya gunakan resep dari buku terbitan Yayasan Die Brücke.

Tanpa banyak bicara lagi, resepnya sebagai berikut:

Resep Apfelkuchen (Kue Apel)

Bahan.:
300 g Tepung terigu
1 sdt Baking soda
120 g Mentega (saya gunakan butter)
½ sdt Garam
1 butir telu ayam
1 ½ cangkir Susu cair
6 Apel besar dan asam (kadang saya gunakan apel manis yang agak keras)
200 gram gula
1 sdt Kayu manis
3 Putih telur

Cara Membuat.:
• Kupas buah apel, potong dan masak sebentar dengan sedikit air, masukkan satu sendok gula (sesuai keinginan Anda) dan satu sendok teh kayu manis. Saya masak kira-kira 10 menit dengan api sedang, lalu saring.
• Kocok putih telur sampai kaku dan masak dengan apel. Perhatikan api harus kecil sekali!., supaya panci Anda tidak berkerak karena putih telur yang hangus menempel di dasar panci.
• 1 butir telur, mentega dan gula kocok dengan mixer.
• Kemudian masukkan separuh tepung terigu, baking soda, garam, setengah sendok bubuk kayumanis dan sebagian susu cair, aduk hingga merata dan tambahkan sisa tepung berikut sisa susu cair.
• Tuang sebagian adonan kue ke dalam Loyang, letakkan potongan-potongan apel diatasnya, kemudian tuangi lagi adonan diatas apel, lalu lettakkan lagi apel, begitu seterusnya hingga adonan kue dan apel habis.
• Masukkan ke dalam ovem 40 menit dengan api sedang (175 derajat C).

Tips: setelah 40 menit, cek apakah kue sudah matang, gunakan pisau atau tusuk gigi, tusuk kuenya, jika pisau atau tusuk gigi kering ketika diangkat, berarti kue sudah matang.

Selamat Mencoba! 😉

This slideshow requires JavaScript.

Sumber: Buku Lieblingsgerichte der Deutschen terbitan Yayasan Die Brücke
Daftar Food & Cooking lainnya silakan disini.

 

Tulisan Terkini

2 Comments

  1. pursuingmydream March 7, 2012
  2. Sri Mulanjari March 7, 2012
error: Content is protected !!