3 Tanaman Bunga Exotic dari Belanda

Sebelum pulang dari Belanda, kami (suami tercinta dan saya) singgah ke salah satu taman mawar di Lottum. Tempatnya luas sekali kira-kira 70.000 m2. Di taman ini kita akan menemukan ribuan mawar lebih dari 500 varietas yang berbeda dalam pot-pot.

Ternyata di dekat pintu keluar masuk, ada dua meja yang terdapat tanaman-tanaman yang dijual selain mawar. Harganya tidak mahal. Kami membeli 3 jenis bunga. Senang banget!, bunganya indah 😉 . Rosarium Lottum buka setiap hari senin hingga minggu, tidak ada biaya masuk!.

Kalau ada yang suka dengan tanaman dan bunga-bunga, silakan berkunjung ke:

Rosarium Lottum

Broekhuizerweg 55, 5973 NW Lottum
The Netherlands
Tel: +31(0)77-463 2751
Fax: +31(0)77-463 2752
E-mail: [email protected]

Video Lokasi Taman Mawar di Belanda

3 Tanaman Bunga yang kami beli:

1. Digitalis purpurea

3 Tanaman Bunga Exotic dari Belanda

Digitalis Purpurea a.ka. foxgloves 1.06.2012 (Foto: dok. pribadi)

 

Digitalis purpurea or Lady's Glove

Close-up Digitalis purpurea or Lady’s Glove (Foto: dok. pribadi)

Digitalis purpurea (umumnya dikenal sebagai: Foxglove, Foxglove Ungu atau Lady’s Glove), adalah tanaman berbunga termasuk keluarga Plantaginaceae. Sebagian besar asli Eropa.

• Digitalis purpurea merupakan tanaman herba dua tahunan, daunya berbentuk spiral sederhana beraturan, tinggi 10-35 cm. Bunganya berbentuk tabung dan independen.
• Bunganya biasanya ungu tapi beberapa tanaman yang khususnya di bawah budidaya, mungkin berwarna pink, mawar, kuning, atau putih.
• Periode berbunga adalah awal musim panas, kadang-kadang dengan bunga tambahan dimusim selanjutnya.

• Tanaman ini mengandung digitoxin glikosida jantung pada daun, bunga dan biji, sehingga beracun bagi manusia dan beberapa hewan dan bisa berakibat fatal jika dimakan.
• Namun ekstrak dari daunnya secara klinis pengolahannya di rintis oleh William Withering, digunakan sebagai obat untuk gagal jantung, meningkatkan aliran urin dan memiliki pengaruh kuat pada jantung.
• Gejala keracunan digitalis: denyut nadi rendah, mual, muntah, dan tidak terkoordinasinya kontraksi dari berbagai bagian jantung menyebabkan serangan jantung dan akhirnya kematian.

2. Mawar Favorite Hit

Favorite Hit Rosen. Mawar dari Belanda

Favorite Hit Rosen (Foto: dok. pribadi)

3. Lupinus Perennis

Bunga Lupin. Lupinus Perennis

Lupinus Perennis (Foto: dok. pribadi)

• Keluarga: Pea (Fabaceae)
• Habitat: hutan terbuka kering
• Tinggi: 1-2 kaki
• Ukuran Bunga : 1/2 sampai 3/4 inci
• Warna Bunga: biru atau ungu
• Waktu Berbunga: Mei-Juli

Lupinus perennis merupakan tanaman obat dalam keluarga Fabaceae, tersebar luas di bagian timur Amerika Serikat (dari Florida ke Maine), Kanada (selatan Ontario). Tumbuh di bukit-bukit pasir. Perbungaan panjang. Bunga dapat berkisar dari biru menjadi merah muda, tetapi yang paling sering biru atau ungu kebiruan.

Jadi selesailah cerita saya mengenai jalan-jalan di Belanda, jika Anda tertarik membaca kisah sebelumnya, silakan klik judul berikut:

Sumber: terjemahan bebas wikipedia.org

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

3 Comments

  1. dinar susilawati June 16, 2012
  2. pursuingmydream June 14, 2012
  3. Baju Korea Online June 14, 2012
error: Content is protected !!