Tanaman Ketumbar Siap Panen

Tanaman Ketumbar, Coriander, Koriander umur beberapa hari

Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm.

Merupakan tanaman semusim artinya tanaman akan mati setelah panen.

Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.

Saya baru tahu loh! Kalau daun ketumbar bisa juga digunakan pada masakan, daunnya yang mirip seledri sering digunakan untuk taburan pada sup dan salad khas Thailand.

Daun Ketumbar (Coriander leaves) Seperti Seledri.

Di awal bulan Juli tanaman ketumbar saya daunnya mulai layu berikut batangnya dan mulai berwarna coklat, biji-bijinya juga. Awalnya saya kira karena kebanyakan air, karena hampir tiap hari hujan. Musim panas tapi sering hujan!.

Daun dan Batang ketumbar mulai layu dan berubah warna

Karena baru pertama kali ini saya tanam ketumbar (dari bibit / biji), maka bertanyalah saya ke Organic home gardening jawabannya: „.. akan seperti itu, nanti batang dan daunnya mulai coklat bareng dengan buah juga. o ya, banyak juga ketumbar ditanam untuk diambil daunnya. yang banyak dijual di supermarket justru daunnya. tom yam dari thailand yang bikin enak karena daun ketumbarnya, akarnya juga enak untuk bumbu“.

Tanaman Ketumbar. Coriander, Koriander yang sudah Berbunga

Manfaat Ketumbar:
• Ketumbar seperti tanaman bumbu lainnya mengandung Antioksidan biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).
• Yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.

• Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.
• Penggunaan ketumbar bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti ditumbuk halus dan direbus, baik untuk pengobatan luar, maupun dalam.

• Informasi lainnya mengenai ketumbar silakan baca http://en.wikipedia.org/wiki/Coriander

Video Tanaman Ketumbar Siap Panen

Sumber: Wikipedia dan Organic home gardening

 

Bagi yang berminat membeli bibit ketumbar klik disini.

 

Tulisan Terkini

16 pemikiran pada “Tanaman Ketumbar Siap Panen

  1. Bagaimana caranya saya bisa membeli bibit daun ketumbar tersebut.
    Karena saya butuh untuk pelengkap masakan. Misal Tomyam, steam asam dll.
    Terima kasih

  2. Ping balik: Update Kebun Sayuranku (Panen) | Rumah Silaen Salzgeber

Komentar ditutup.