Tulip di Indonesia

Banyak sekali yang bertanya ke saya, baik melalui kolom komentar maupun langsung ke email.  Pertanyaannya „Apakah tulip bisa tumbuh di Indonesia?“.

Kalau tahu cara menanamnya, pasti bisa!. Beberapa hari lalu, Lea mengirimkan beberapa foto tulip dia yang sedang mekar. Lea tinggal di Jawa Tengah, tepatnya di Dieng.

Lea mengatakan, dia membeli bibit tulip dua kali, yang pertama tulipnya berbunga setelah 6 bulan penanaman, dan yang satunya lagi setelah 1,5 bulan penanaman. Tidak ada perlakuan khusus yang Lea berikan ke tanaman tulipnya.

Bagi yang ingin berkunjung langsung ke FB nya Lea (Kebun Dieng) silakan ke www.facebook.com/dayona.garden

 

 

 Coba perhatikan tulip Lea nomer 3, sama atau miripkah dengan tulip milik saya dibawah ini

Cantik ya perpaduan warnanya. Namanya Apeldoorn tulip, termasuk triump tulip.

Ichsan, sahabat blogger di Sleman, Jogya juga menanam tulip dan ini fotonya

Tulip Milik Ichsan di Sleman, Jogya

Tulip Milik Ichsan di Sleman, Jogya

 

Media tanam yang digunakannya adalah media tanam outdoor

yang isinya tanah humus, sekam bakar, dan pupuk kompos
perbandingan nya 3:1:1 

Silakan berkunjung ke blognya Ichsan di http://ichsantirtonotolife.wordpress.com

Kalau kamu tinggal di Indonesia dan menanam tulip juga, ayoo share foto disini dong ;-).

 

Tulisan terkait:
Menanam Tulip di Iklim Tropis (Jakarta)
Tulip Bermekaran di Taman Kota
Black Parrot – Tulip Kakatua Hitam
Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp.
Memotret Bunga Tulip
Tulip Berbau Permen
Perkembangan Bibit Tulipku (Jan 2013)
Lihat Kebunku Penuh dengan Bunga

Tentang iklan-iklan ini

92 pemikiran pada “Tulip di Indonesia

    • Dear Fiona, saya bisanya cuma kirim ke Jakarta. Menurut saya Medan terlalu panas cuacanya, tidak cocok untuk tanam tulip, kecuali kalau kamu punya green house yang ada pengatur suhunya. Ada 2 teman yg sdh coba, tidak berhasil. Nah yang cocok di Medan adalah bunga musim panas, salah satu contohnya bunga dahlia, punya teman saya sudah berbunga dahlianya ;).

      • huhuhuhu…..sedihnya….pdahal pengen bgt tulip…kalau tanam dalam ruangan rumah bisa mba?? sy seh lagi nyiler tulip, lili dan bunga yang berbau harum yang mba tananm pny lo :)
        cuma skrg sy tidak ada sodara atau temen yang dijakarta keknya makanya sedih banget mba nga bisa tanam…… :'(

        • Dalam rumahmu sejuk ya? thn lalu saya tanam semua bibit tulip dalam pot, 3 bulan di luar rumah (dingin) setelahnya saya taruh dalam rumah, malah numbuh cepat loh lihat gambarnya klik disini. Bibitnya harus melalui suhu dingin dulu. Suhu dingin merupakan signal buat bibitnya tumbuh. Kalau daerah tidak ada suhu dingin, ya bibitnya taruh kulkas dulu selama bbrp waktu (1-2 minggu).

          • lumayan adem mba :) ada 1 kamar kosong cukup besar seh….cuma gmn ya nga da fren dijkt tu…. pliz fren yang dijkt yg baca blog mba nella….. bisa bantu gue nga nih heeee :)

            • mba nella kayaknya ada 1 temen sy dijakarta pusat heeee….
              nanti kita sharing di email ya mba…. krn sy ada kirim email ke Mba nella .

              • Sipp, kalau masih minat mau mencoba menanam tulip, saya masukkan Fiona ke daftar para pemesan ya. Bibitnya beredar lagi Awal September hingga Des. Bulan Septmber saya email ya ;). Kalau mau pesan bunga selain tulip ya bisa pesan sekarang :D.

                • tetap mau coba mba heee alias never giv up xixixi :) masukin sy didaftar tulipnya ya….dan utk bunga lain mgkn lili deh tp akan sy request di email mba Nella nanti k…thanks Mba Nella… nice to meet u here…. ;)

  1. wah baru tahu nih mba.
    kalau mau bibitnya gimana ya? masa titip ke mba lagi…
    daerah rumah masih lumayan sejuk, masuk daerah bogor. tapi kalau siang, bisa panas banget. kalau seperti itu masalah gak mba?

  2. Ping balik: Tulip Bermekaran di Taman Kota | Pursuing My Dreams

  3. saya beli jadi yang uda mekar, 2 minggu uda rontok. belum dibongkar tu potnya. jadi kalo ada umbinya bisa disimpan ya untuk ditanam lagi yaa…tapi harus disimpen kulkas berapa lama?

    • Hai Erlin, ya bisa dipotong daun2nya, dan umbinya dibersihkan, simpan untuk tanam tahun depan. Oh ya simpan dalam plastik berlubang2 ya, supaya tetap kena udara. Kalau punya pot banyak sih, sebenarnya bisa taruh begitu saja ko dalam pot, tinggal di potong daun-daunnya.

  4. aduh kak nella, ini baru di oobok2 blog nya :P
    aku kok jadi kepengen nanem tulip yaa.. bibitnya susah kak disini. gak tau beli dimana,
    baru tau di indo bisa idup si tulip itu. dari dulu kalo pengen liat festival tulip kudu ke eropa dulu. hahhaa..
    bunganya sering gak kak? kalo berbunga awet berapa lama? kebetulan aku seneng bgt sama bunga :)

    • Berbunga hanya sekali setahun. Kalau sudah selesai berbunga dan bunganya rontok, kita gunting (bersihkan) daun-daunnya, jadi sisakan umbinya saja. Umbinya seperti bawah merah, bawang putih. Kalau di Eropa ada yang dikeluarkan umbinya, lalu disimpan ditempat gelap tahun depannya (mulai September) keluarkan untuk tanam lagi. Ada juga yang dibiarkan saja begitu di taman, nanti akan rontok sendiri daun-daunnya, tahun berikutnya umbinya akan tumbuh lagi.

      Bunganya awet 1-2 minggu ;). Saya suka liat anggrek2 Renny subur sekali :).

      • iya,makasih kak, aku juga suka liat bunga2 nya kak nella, bagus2 banget, sampai bisa dijual bibitnya :)
        kak, kalau bibitnya beli di kakak itu ongkir nya mahal ya kak? aduhh aku kok jadi nafsu bener ya nanem tulip :P
        btw, thanks ya kak buat info cara penanaman dan perawatan tulipnya :)

        • Ongkirnya tergantung beratnya. Misal saya pernah kirim paket 100-300 gram ongkirnya Rp.85.000 (plus minus ya tergantung kurs) diatas 300 gram-500 gr Rp.145.000. Kalau 1-2 paket tulip ga berat ko. Bibit tulip baru beredar lagi bulan september. Nanti saya email Renny ya, mungkin berminat toh ;).

  5. Ping balik: Cantiknya Purple Prince Tulip | Pursuing My Dreams

  6. repot dan harus telaten ya nel untuk tanam tulip itu…
    salut deh sama Nella,
    aku itu maunya nanam yang gampang tumbuh aja nel he..he..

  7. memandang tulip sangat menyenangkan ya mbak. apa lagi kalau lihat langsung.he he tpi aku hanya penggemar berat nonton bunga tpi gak cakap soal tanam menanam

  8. Dieng masih daerah dingin, jadi tulip ini kemungkinan cantiknya disana ya Mbak Nella. Entah gimana kalau di Tangerang yg panas ini..

  9. Di sekitar rumah saya ga bisa ditanami bunga atau tanaman lain… semuanya diisi conblock, batu alam, dan pasir :(. Kalo di Jakarta saya pikir bunga tulip ga akan bisa tumbuh, di sini cuaca nya cendrung panas

  10. wahh, cantik kali mba, ga sabar deh nunggu bibitan punyak ku.
    oia mba info nih, kemaren bibit yang dari mba, yang cukup baik, aku udah pindahin ke media tanah. eh kok kuliat liat gak seger” tunasnya. ya aku bongkar balik mba. ternyata di dalemnya mulai busuk. aku pretelin lagi deh. :D
    semoga tulipnya GWS
    oia mba mau nanya juga nih, dari bbrp umbi yg kemaren busuk itu, aku nemu beberapa bijik anakannya.
    itu langsung aku tanam di tanah. :/
    gpp kah itu mba?? :D

    • Belum banyak mbak Riri, ini masih yang dalam rumah. Ga semua bunga cocok ditaruh dalam rumah, contohnya bunga mawar. Makanya kalau cuaca sudah hangat aku baru mulai nanam2 yang banyk :D.

    • Tanamnya di tray penyemaian dulu Dan, atau wadah yang kecil, misal wadah aqua gelas. Kalau metode baru yang kucoba nih, biji tomatnya di rendam dulu beberapa jam, lalu taruh di secarik kertas tissu, trus tanam deh. Sangking kecilnya bibit tomat memang agak susah numbuh. Bibit tomatku akhirnya tumbuh, setelah 2 kali coba :D.

    • Di Medan panas ya? :D, bibitnya bisa dimasukkin kulkas dulu ko supaya dingin. Di Eropa aja kalau mau mempercepat pertumbuhannya, bibitnya dimasukkin plastik kasih tanah sedikit, simpan dikulkas selama 2 bulan, sudah tumbuh akarnya baru keluarin tanam di pot.

  11. Wah..hebat banget Mbak Lea ya. Berhasil menanam tulip di Dieng.
    Aku beberapa kali pernah membeli tulip di Amsterdam, kubawa ke Indonesia dan kucoba tanam di Jakarta tapi nggak mau berbunga, dan lama-lama mati. Waktu itu sempat berpikir barangkali karena temperaturnya yang terlalu panas untuk Tulip. Sempat terpikir mau kutanam di rumahku di Kintamani saja (temperaturnya mendekati di Eropa), tapi sebelum sempat pulang ke sana, Tulipnya keburu mati.

Komentar ditutup.