Menanam Sayuran Yuk

Buat teman-temanku yang hobi berkebun, saya mau kasih lihat tanaman sayuran saya nih :smile:. Cuaca disini sudah bersahabat untuk menanam sayuran. Malah cenderung panas sekali. Dua hari lalu suhunya 36 derajat C dan kemarin 35 derajat C. Jam 12 malam saja masah suhunya 28-29 derajat C :roll:, padahal kalau di Jakarta pas malam tuh suhunya sekitar 25 derajat C ya?.

Foto Kiri Baru jam 9 pagi suhu diluar sudah hampir 32 derajat C, panass banget. Siangnya hampir 36 derajat C. Mohop nai Portibion

Foto Kiri Baru jam 9 pagi suhu diluar sudah hampir 32 derajat C, panass banget. Siangnya hampir 36 derajat C. Mohop nai Portibion

Beberapa kali saya gagal menanam benih sayuran, contohnya salat karena ukuran kecil sekali, seperti butiran pasir, jadi benih salatnya tidak tumbuh-tumbuh. Kalaupun tumbuh kadang lama-lama mati sendiri :cry:.

 
Maka saya coba tehnik baru untuk menanam bibit berupa benih yang kecil. Caranya:
• Pot saya isi tanah separuhnya
• Taruh satu lapis kertas tisu toilet diatas tanahnya
• Kemudian semprot sedikit air supaya kertas tisunya tidak terbang
• Taburi benih sayuran diatas kertas tisu
• Taruh satu lapis kertas tisu diatasnya sebagai penutup
• Semprot agak banyak, hati-hati jangan sampai kertas tisu nya robek
• Taburi tanah diatasnya, setebal kira-kira 1 cm
• Semprot air lagi
• Setiap hari semprot air, jangan sampai tanahnya kering

Benit (bibit) yang ukurannya kecil sekali sulit tumbuh karena akarnya kan lemah ya, jadi butuh media seperti kertas tisu untuk menopang akarnya.

Tehnik Menanam Benih Sayuran yang ukurannya kecil

Tehnik Menanam Benih Sayuran yang ukurannya kecil

Salat ada banyak macamnya, yang saya tanam tahun ini yang ukurannya kecil saja, supaya panennya cepat. Males juga ah kalau lama nunggu panen, malah ntar ke buru datang musim dingin hehe. Contohnya Schnitt Salat (Lactuca Sativa) 1,5 hingga 2 bulan sudah bisa panen.Saya sudah menikmati hasil kebon sendiri :D.

Schnitt Salad aka Lettuce  (Lactuca Sativa) Sudah Panen nih bulan Mei lalu.

Schnitt Salad aka Lettuce (Lactuca Sativa) Sudah Panen nih bulan Mei lalu.

Sesudah panen, potnya di bongkar, lalu tanam bibit yang baru lagi, tanahnya juga pakai yang baru. Tanah lama bisa digunakan sebagai lapisan (dasar) pot besar.

5 Juni lalu saya tanam dua macam salat di satu pot, yakni Baby leaf (Eruca Sativa) dan Lettuce (Lactuca Sativa). Untuk bibit (benih) Baby leaf sudah dalam bentuk tape (pita) jadi lebih mudah bibit untuk tumbuh. Untuk Lettuce saya tanam dengan tehnik yang saya jelaskan diatas. Beberapa hari bibit-bibitnya sudah tumbuh. Salat jangan terkena matahari yang terik.

Selain salat, tanaman yang saya tanam dengan tehnik diatas antara lain: Lobak merah bentuk buahnya bulat merah, lalu tanam Seledri, daun Basil dan parsley. Di Jerman tanaman Seledri, daun Basil dan parsley tersebut disebut Küchenkräuter, semacam bumbu dapur atau herbal gitu deh, bisa buat campuran sup dan bumbu masak. Küchenkräuter ini jangan terkena matahari yang terik.

 
Tips penanaman bibit (benih) agak besar seperti bibit tomat, cabai, paprika, ketimun dll yang ukurannya agak besar supaya direndam dalam air dulu sekitar 15-30 menit sebelum penanaman.

Saya sudah mulai menanam bibit tomat, cabe & paprika sejak akhir Januari, supaya ketika masuk musim panas tanaman tersebut mulai bermunculan bakal buahnya, kalau mulai nanam bibit-bibitnya ketika musim panas, ya keburu datang musim dingin, kita belum bisa panen deh :mrgreen:.

Ketika bulan Januari suhunya masih minus, jadi selain bibitnya direndam air, saya juga melakukan tehnik khusus mirip tehnik penanaman benih salat sih, tapi ditambah sedikit cara lain:
1. Kalau mau tanam beberapa bibit sayuran sekaligus, siapkan wadahnya dan buat teks untuk ditempel di wadah rendaman, supaya kita tahu bibit apa yang direndam dan akan ditanam.
2. Bibitnya Rendam air 15-30 menit.
3. Tepung terigu taruh diwadah kecil, beri beberapa tetes air, lalu aduk.
4. Siapkan kertas tisu toilet, supaya tidak terlalau lebar potong jadi dua bagian. Lipat dua jadi terlihat bagian tengahnya.
5. Totolkan campuran tepung terigu & air (Nomer 3) keatas kertas tisu. Totolkan dibagian tengah kertas tisu, lalu taruh bibit (benih)nya diatas totolan terigu, kertas tisu dilipat, jadi bibit ada dibagian tengahnya ;).
6.Siap ditanam deh.

Tips penanaman bibit (benih) agak besar seperti bibit tomat, cabai, paprika, ketimun

Tips penanaman bibit (benih) agak besar seperti bibit tomat, cabai, paprika, ketimun

Pot untuk penyemaian saya gunakan yang kecil-kecil dulu, setelah tumbuh 4-6 daun baru saya pindahkan ke pot lebih besar.

Pot untuk penyemaian saya gunakan yang kecil-kecil dulu, setelah tumbuh 4-6 daun baru saya pindahkan ke pot lebih besar

Pot untuk penyemaian saya gunakan yang kecil-kecil dulu, setelah tumbuh 4-6 daun baru saya pindahkan ke pot lebih besar

Bulan Maret lalu masih agak-agak dingin, jadi pot-pot penyemaian saya taruh di greenhouse mini. Taruh disini hingga akhir Juni ini. Greenhousenya buatan Frank tahun lalu ;).

Frühbeet alias Cold frame alias Greenhouse  Mini Di Buatin Suami tahun lalu

Frühbeet alias Cold frame alias Greenhouse Mini Di Buatin Suami tahun lalu

Jika cuaca sudah bagus (tidak dingin) cukup lakukan seperti tehnik penanaman salat, tapi kalau tidak berhasil juga, silakan dicoba tehnik dengan campuran terigu :wink:.

Bibit sayuran yang sudah saya tanam dan sudah mulai lebat. Lebat daunnya dulu ya :cool: hehe antara lain:
Zucchini Diamat F1 (Cucurbita Pepo). Zucchini buahnya mirip ketimun, bedanya adalah kalau tanaman Zucchini ini tidak merambat. Bibit Zucchini lebih besar dibanding bibit ketimun.


Ketimun (Cucumis Sativus). Berhubung tanaman ini menjalar, rencananya mau saya rambatkan ke pagar balkon depan.
Tanaman Ketimun (Cucumis Sativus)

Tanaman Ketimun (Cucumis Sativus)


Cabai & Paprika. Ada 3 macam paprika yang saya tanam, yakni paprika Spanyol, paprika Cayenna dan Paprika tomat. Untuk cabai adalah jenis cabai bulat, saat ini masih di pot penyemaian.
Paprika Spanyol 18 Juni 2013

Paprika Spanyol 18 Juni 2013


Tomat. Ada tomat daging (bentuknya bergelombang), tomat cerry yang kecil-kecil, tomat lonjong, cocktail tomat Radana dan tomat besar. Hanya tomat Radana yang beli bibitnya, lainnya saya berburu tomat yang unik di supermarket di Jerman atau luar Jerman, buat diambil bijinya dan simpan sebagai bibit. Baru-baru ini ketemu tomat warna coklat loh!. Minggu depan mau tanam bibitnya ;).
Tomat Lonjong, sebelahnya Tomat Daging beli di Perancis, bawahnya Tomat warna Cokelat baru beli; Sebelahnya coctail Tomat, Tanam bibitnya yukk

Tomat Lonjong, sebelahnya Tomat Daging beli di Perancis, bawahnya Tomat warna Cokelat baru beli; Sebelahnya coctail Tomat, Tanam bibitnya yukk

Lain kali saya ulas mengenai cara mengambil bibit tomat ya. Cerita Kebun tomat saya tahun lalu klik disini.

Mengubah Greenhouse menajdi tempat menanam Tomat

Mengubah Greenhouse menajdi tempat menanam Tomat

Berhubung sekarang tidak punya taman (tanah langsung) seperti di kontrakan sebelumnya, maka Frühbeet alias Greenhouse pertengahan Juni saya jadikan tempat untuk menanam tomat, karena kalau tempatnya besar, maka tomat-tomatnya juga akan tumbuh subur.

Greenhouse dan isinya 17 Juni 2013

Greenhouse dan isinya 17 Juni 2013

Pojokan greenhouse masih bisa ditaruh pot-pot kecil penyemaian, lumayan tanamannya bisa terlindungi sengatan matahari. Minggu depan saya akan copot tutup greenhousenya karena tanaman tomatnya bakalan tinggi besar, hmm bakalan tidak bisa di lindungi dari sengatan matahari deh. :roll:

 
Saya banyak belajar mengenai gardening dari Pinterest. Hingga saat ini ada 673 pin yang saya suka, sebagian besar adalah tehnik-tehnik berkebun silakan klik disini.


Sabahat pecinta tanaman, apakah kalian juga suka menanam sayuran? Kalau iya, sayuran apa saja yang sudah kalian tanam?.

Sebagai penutup, inilah pemandangan balkon rumah saya. Balkon depan dan balkon belakang.

Pemandangan Balkon Depan. Foto 18 Juni 2013

Pemandangan Balkon Depan. Foto 18 Juni 2013

Balkon belakang lebih besar

 

Pemandangan Balkon Belakang.  18 Juni 2013

Pemandangan Balkon Belakang. 18 Juni 2013



“Flowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.” – Luther Burbank-

Artikel yang Mungkin Kamu tertarik Membacanya:

Tentang iklan-iklan ini

100 pemikiran pada “Menanam Sayuran Yuk

  1. Seneng dech baca nya. Saat ini saya juga menanam kangkung, bayam dan sawi (bentar lg panen) sya juga tanam tomat tapi saya coba tanam cabe keriting kenapa gak tumbuh y? Padahal sudah di rendam di air?

  2. Ping balik: Budidaya Tomat dalam Pot | Pursuing My Dreams

  3. Kepuasan tak terkira panen sendiri tanaman di kebun (bahkan pot). Keren jeng Nella grennhouse mininya yang utama suasana iklim mikronya terkontrol. salam kebun

    • Thn lalu saya nanam sawi banyak ulatnya, frustasi deh :( jadi kapok nanam lagi. Pdhl lama2 ulatnya jd kupu2 sih :D. Besok2 coba tanam lagi deh, semiga kali ini ga ada hama ulat ;).

  4. Bah, bagus-bagus kali tanamannya, ito! Di rumah yang kami kontrak sekarang, istriku bercocok tanam sayuran (dulunya hanya bunga …) dan hasilnya lumayan bagus. Bukan karena kami ‘nggak usah lagi beli sayuran dan cabe atau tomat, tapi lingkungan rumah kami jadi lebih sejuk dan segar. Dan kalau ada yang bertamu, dengan bangga akan aku bawa mereka ke halaman belakang untuk menunjukkan hasil karya isteriku (sambil memuji “kehebatan” boru ni raja i, tentunya hehehe …).

    tamunya senang, isteriku juga senang, dan aku pun senang. Semuanya bersukacita …

  5. Klo postingan ini aku br stujuuuu kak!!!!!!!!!!
    tanaman itu yg yg edible aja,hehehe
    tp kdang dilema juga klo mau panen, rada sayang..hehehe
    aku punya bbrp bibit micro herbs n greens, tp kayaknya iklim Palembang kepanasan..
    cilantro aja gak bs tumbuh dsn kak…
    btw, punya tanaman buat garnish emang lbh hemat, gk perlu bli seiket klo mo dipake seiprit…..

    • Kan setelah panen tumbuh lagi, contohnya cabe, tomat dll, sayangnya disini ada musim dingin harus tutup kebun deh, di Indonesia bisa sepanjang thn berkebun ;). Herbs jangan kena matahari langsung, saya nanam basilikum, parsley, seledri :D. Haha iyaa kadang butuh seiprit harus beli byk, sisanya kadang kebuang.

  6. wuah suhunya ampe 36-an mbak? disini mentok 24 tapi anginnya dingin :(
    Oia mbak, taneman lomboknya Miku kalo kena panas kok ya malah layu yah? jadinya ribet kalo ditinggalin trus kena matahari :(

    • Jadi mau pindah ke tempatmu Cha, adem ya disana ;). Lomboknya kalau pagi-pagi siram agak banyak Cha, jadi pas siang ketika panas tanamannya lebih tahan panas. Lomboknya sudah taruh diluar? kalau didalam saja layu.

        • Ooo gitu, klo sudah summer ya harus diluar Cha supaya dapat udara segar, trus supaya bisa dihinggapi lebah dan kupu2 supaya byk bakal bunganya. Klo dalam ruangan coba kasih pupuk cair, spy nutrisinya tercukupi ;). Cabe-cabeku pas winter kan dimasukkin rumah, ya lama-lama layu sendiri walaupun sdh ditaruh pas kena sinar matahari tetap saja tamat rimawayatnya.

  7. Solusi cerdas mba…
    apa lagi kalau di indonesia menyikapi BBM naik…
    tentunya harga sayur mayur pun naik….

    saya juga sedang berusaha bercocok tanam sayuran di halaman yang sempit…
    hehe

  8. Soal tanam menanam, sepertinya faktor “tangan” juga berpengaruh ya.
    Katanya kalo tangannya bagus, tanem apa aja pasti subur :D
    Btw, kalo di Jayapura, suhunya bisa lebih panas daripada itu, hihihi :D
    Btw, dulu sih saya lumayan sering tanem sayuran (terutama tomat dan daun bawang). Karena simpel sih :D
    Tapi sekarang udah jarang, udah pindah rumah dan pekarangannya sempit :D
    Apalagi udah gak telaten :lol:

  9. tinggalin jejak dulu ya.. envy liat balkonnya.. pgn bgt bisa nanam mcm2.. tp trakhir cb bli 2 pot bunga aja dmainin sm si kecil, bunganya dicabutin smua :( .. jd mamanya ga tega sm bunganya. well, nice info mba.. :)

  10. Kalau di Indonesia sudah ada IDBerkebun, Mbak. Jadi nanem sayuran apa aja di deket rumah, siapa tahu bisa manen sayuran sendiri walau cuma sedikit..

    • Iya mas Gie ga masalah nanam cuma sedikit, karena hanya untuk konsumsi sekeluarga :). Disini malah cuma saya aja yang suka makan sayur, suami ga suka tuh sayuran :D.

  11. wahh panas banget di Jerman sekarang ya kak nella..
    bener2 rajin kak. salutt bangett bisa nanem sayuran. kalo punya kebun seperti di Indonesia ntah seberapa banyak sayuran yang uda kak nella tanam ya.. hehhee
    aku gak nanam syuran sama sekali kak. melihara bunga aja. kok gak terlintas ya buat nanem sayuran selama ini.

    • Haha iya Ren, kalau saya punya tanah agak luas aja, sudah saya tanami lebih banyak sayuran. Tetangga-tetangga disini punya taman walau kecil tetap dimanfaatkan nanam sayuran. Senang kalau lewat rumah mereka lihat yang hijau-hijau :D. Silakan di coba Ren nanam spt salat ga lama ko bisa panen, 1,5-2 bulan sudah bisa disantap, kalau di Indonesia malah lebih banyak pilihan bibitnya deh kangkung, bayam ahh jadi pengen :D.

  12. tulisan nya inpiratif bgt mbak. aku kemarin nyoba mau nanam bayam dan kangkung di pot. tapi dua-duanya mati. setelah aku cek katanya bayam penanamanny harus disebar gt di tanah. kalo kangkung stlh baca tulisan ini, kemungkinan memang harus nunggu tumbuh dulu baru dipindah ke tanah. bibitnya juga harus direndam dulu jangan langsung di tanam.

    jadi semangat mau coba nanam lagi.

  13. *Mupeng* tapi ga ada balkon nih krn di lantai 1, dan ragu apa boleh taruh pot macam2 di sekeliling apartemen. Kalo indoor doang & bergantung pada sinar matahari yang masuk dari jendela bisa tanam apa ya? Prefer yang edible :D

    • Untuk tanaman hias dlm ruangan, selain jenis kaktus, sukulen (keduanya cuma butuh sedikit air), trus ada spider plant, lidah mertua, zamio palme, yg jenis palem gitu mbak cocok dlm ruangan ;).

  14. Aduch Mbak, ribet banget ya menanam disana..
    Tapi mbak hebat banget bisa menanam disana bahkan ada kiat khusus nya.

    Kalo disini tinggal lempar aja itu biji-bijian udah numbuh. :)
    Aq cuma punya pohon tomat (yang ga sengaja tumbuh), dan pohon cabai.

    • Sebenarnya kalau sudah musim panas suhu sudah diatas 25 derajat C, bibit-bibitnya gampang tumbuhnya, cuma kalau baru mulai pas summer, ga keburu panen sudah datang musim dingin :D. Iya tomat, cabe klo habis masak, kadang iseng lempar ke pot, ehh numbuh :D.

  15. wahhh mba, bermanfaat banget postingannya. saya selama ini kebingungan menanam bibit yg ukurannya seperti pasir. seperti contoh, pappermint, mose rose. kemaren sih ppernah menggunakan media tisue, seperti mengecambahin kacang hijau, tisunya saya tata di dalam wadah, lapisan pertama adalah kapas, kedua tisu, kemudian di atasnya saya tebar benih yg sudah di rendam, terus sy semprot medianya sampai lembab. kemudian benihnya di tutup lagi dengan tisu yang sudah di basahi. Numbuh mba, udah 10 cm, tapi tanamannya halus halus, saya bingung habis itu mindahinnya gimana. sekali saya coba pindahin, ehhh besoknya layu mati tanamannya. :(

  16. Keren deh kak :D Lahan kecil memang gak membatasi buat berkreasi dgn tumbuh2an.. Salutt.. :D Dulu pernah nanem sayur :D Sayur toge hasil percobaan dari sekolah, dan berhasilll.. hehheehe :D

    • Karena lahannya terbatas ya harus mikir, putar otak bagaimana bisa tetap berkebun :D. Dulu aku juga ada tuh pas SD nanam kacang hijau buat toge, seru buat kegiatan anak-anak :).

  17. wah seru ya mba nella hahaha sy pny paprika juga da tunas kek mba pny heee itu pun bibit dr abg ipar sy n belajar tanam seh…n syukur bgt tunas d hahaha :)
    dan kl bibit tomat mba nella dtg mau sy tanam d pgn makan tomatnya ;p
    dan bunga lili mba nella mauuuuuuuu donggggggg ( * ngilerrrrrr ) …..o ya mba teknik semai pake tisu yg diajarin mba sy tanam paprika ….surpriseee… its works…. :) n tunas d heee… dan ada 1 cara juga ( liat2 internet juga ) pake wadah kasi tisu dan semprot lembab trus bibit cabenya taruh diatas tisu n tutup wadahnya itu juga bisa lo mba heee dan akan berakar trus da lumayan panjang akarnya br pindah ke pot semai kecil n tanam jgn dalam kali tutup dikit tanah aja biar akar nga keberatan ketimpa heee….. bole dicoba lo temen2 yg ada disini :)

  18. Aku pernah tanem sawi, bijinya kecil dan lembut banget mungkin kayak salat itu. Nyiramnya salah jadi patah semua trus mati. Keknya nyiramnya cuma diciprat2 ya Nel

  19. Wowwwwwwwwwwwwwww…I love this so much :) !! Jadi pengen buru-buru ikutan nanem-nanem deh jadinya :)….Mba izin share ya….

Komentar ditutup.