Pekerjaan Tukang Kebun ketika Musim Dingin

Hai sahabat berkebun apa kabar? bagaimana kebun kalian?. Apakah kalian masih semangat berkebun?. Masih dongg yaa. Pokoknya Go Green yaa :grin: . Saya belum bisa berkebun, cuaca belum mendukung alias masih dingin, kalau malam terkadang suhunya masih minus.

Kali ini saya ingin menceritakan aktivitas saya sebagai pecinta berkebun pada musim dingin. Pada musim dingin saya tidak melakukan nanam-menanam karena cuaca sangat tidak mendukung, dipaksakan menanam juga percuma (sudah pernah coba selama 2 kali musim dingin, bibit-bibit sayuran tidak mau tumbuh :mrgreen: ).

Jangan berpikir tukang kebun nyantai-nyantai ketika musim dingin. Ketika cuaca tidak bersahabat, yang saya lakukan ya bersih-bersih alat-alat berkebun, supaya ketika musim tanam datang, alat-alat yang dibutuhkan sudah bersih dan dapat langsung dipakai. Kalau pada saat mau berkebun, masih disibukkan dengan urusan bersih-bersih, wah sudah bisa malas duluan toh.

Sebelum masuk ke topik bahasan, saya ingin memperlihatkan kebun saya dibalkon (belakang). Foto dibawah ini ketika kebun (taman) saya masih ramainya dengan macam-macam tanaman dan aneka bunga. Foto diambil menjelang musim gugur pada 13 september 2013, sekitar jam 1 siang.

 

Sudut lain pemandangan  tamanku di balkon belakang. Foto September 2013

Sudut lain pemandangan tamanku di balkon belakang. Foto September 2013

Balkon saya 3 bulan kemudian pada 31 Januari 2014 hampir jam 1 siang juga. Tarrraaa kosong melompong hahaha :lol: . Balkon depan juga sama kosong, jadi tidak perlu dipotret ya tidak ada bagus-bagusnya.

1. Bongkar-bongkar tanaman
Kerjaan bongkar pot-pot saya lakukan pada akhir musim gugur, menjelang awal musim dingin (akhir Oktober hingga awal Desember). Cuaca sudah tidak bagus untuk tanaman-tanaman musim panas, bahkan ada beberapa tanaman bunga mati dengan sendirinya karena saya malas membongkarnya :sad: .

Bunga-bunga berumbi, walaupun bagian atas (daun-daun dan bunganya) mati, tenang saja bagian umbinya (dibawah) aman ko. Bongkar potnya, potong semua batang dan daun-daunnya, lalu umbinya diangin-anginkan (taruh diatas koran).

Umbi-umbi bunga seperti Gladiol dan Dahlia harus ditaruh diatas koran, karena kalau diatas plastik akan busuk. Pakai koran lebih baik karena bisa menyerap lembab.

Khusus untuk bunga lili, umbinya harus tetap didalam tanah, tidak bisa hanya dibungkus koran. Tanpa media (tanah) umbinya akan kering dan busuk.

Biasanya kerjaan membongkar tanaman begini tidak dilakukan satu hari, bisa 2 bahkan 3 bulan baru akan selesai, karena terkadang 1 bahkan 2 minggu saya malas mengurusi bongkar-bongkar tanaman, jadi break nya lama :grin: . Kalau mood lagi bagus saya bisa kerjain 5 jam tidak berhenti-henti.

Pot-pot yang dibongkar, saya manfaatkan lagi daun-daunnya sebagai kompos untuk pot tanaman (bibit) musim berikutnya. Misal bongkar pot-pot bunga musim panas, nah daun-daun tanaman saya potong semua dan jadikan dasar atau sebagai kompos untuk bibit-bibit bunga musim semi seperti tulip, kroskus, alium, daffodil dll.

Pada Musim Gugur bongkar tanaman, potong daun-daunnya. Daun-daun tersebut bisa dimanfaatkan lagi untuk kompos

Pada Musim Gugur bongkar tanaman, potong daun-daunnya. Daun-daun tersebut bisa dimanfaatkan lagi untuk kompos

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Tentang iklan-iklan ini

71 pemikiran pada “Pekerjaan Tukang Kebun ketika Musim Dingin

  1. waaah keren n telaten banget mbak nella *terpukau*
    aku sering terpukau dengan orang yang suka berkebun dan juga dari penggambaran di novel-novel agatha christie tentang berkebun di England sono keren banget… ada green house, rumah kaca, dan bermacam-macam nama tanaman yang ajaib-ajaib…

  2. Nel, untung kau ceritain juga ‘heppot-heppot’nya bercocok tanam ya di jurnal jurnalmu, jadi gak cuma yang pas bunganya berkembang dan keren. Kan orang yg pengenan tapi suka gak tau kemampuan diri macam aku jadi bisa memahami, oooh ini juga perlu usahaaa bow biar cantik, gak macam singkong dilempar lalu tumbuh ihihi

  3. kak nella keren ih bisa beberes tanemannya sampe dirapihin gitu terus langsung tanem2 buat musim semi :D
    eniho meskipun bunga musim panasnya pada mati tapi musim panas depan kan ‘bunga’ nya bakal mekar kak ahahahaha (sok nyambung2in)

  4. Saya kira setiap kali habis digunakan, alat-alat berkebunnya langsung dibersihkan, Mbak. Kalau kayak gitu agak repot juga, ya. Mendingan dibersihkan pas musim dingin, hehe…..

  5. Disiplin tinggi buat penggemar berkebun di negara 4 musim ya Jeng Nella.
    Setelah menua kegemaran berkebun saya berubah main pangkas dan mengurangi rumpun saja Jeng kurang mampu lagi bongkar membongkar.
    Selamat persiapan menyambut musim semi…

  6. musim dingin musim panas or musim apapun itu tetep berkebun ya mba hihihihi. aku pengen baca2 seputar kehamilan mba nella nih..semoga semua sehat dan lancar ya mba :)

    dan aku gak punya kebun jadi gak bisa nanam2 hehehehe *menatap halan depan yang tandus*

  7. Saya tidak pernah berfikir kearah sana …
    ternyata lumayan ribet juga ya Nel … kalau punya tanaman di empat musim itu …

    Sepertinya mesti pandai-pandai memilih tanaman nih …

    Salam saya Nella

  8. Kangenn baca postingan kak Nella.. ^^,

    Pas musim dingin malah banyak juga yang harus dilakuin yah kak Nell, bener sih drpd nanti pas udah panas malah malas yah :D

    Btw, bentar lagi nungguin postingan soal Baby deh.. Yihiii :)

  9. Semoga kegiatan berkebun nya bisa dilakukan setelah musim dingin ini. :)
    eniwei..
    berarti kagak ada ya tanaman yang bisa hidup di musim dingin? hehe

  10. Berkebun emang mengajarkan kita kesabaran ya? Ada saat menanam, merawat dan menikmati hasil. Ini yang saya rasakan. Kalo lihat blog Nella, apalagi pas lihat bunga2nya, rasanya pengen kebun segera berbunga kayak gitu, tapi terus inget bahwa yang indah-indah itupun dulunya berproses dari benih dulu. #yang lagi gak sabar nunggu semaian siap ditanam sambil menjaganya dari belalang kecil yang doyan banget makan bibit tanaman yang baru tumbuh:)

  11. mba nel bunga snap dragon itu baunya wangi yaa,aku taunya karena abis wisata ke taman bunga nusantara
    kemarin aku mau beli bibitnya ga nemu,susah nyarinya

    • Hai Emma, Snapdragonku baru keliatan bakal bunganya, nanti saya coba cium deh ada harumnya atau tidak. Klo bunganya sudah kering coba buka bongkol bunganya deh, biasanya bakal benih (bibit) ada didalamnya :wink: .

  12. mesti telaten dan paham bunga2 yg harus ditanam sesuai musimnya ya…
    Juli si baby lahir pas dengan musim berbungakah?
    pasti cantik si baby difoto dikelilingi bunga2 indah

  13. Wah…lama saya ga mampir ke warung ini.. :D *Awalnya saya termasuk suami yang gagal menyenangkan hati istri tercinta. Sering saat saya masih ngantor, sms atau telpon istri selalu “Ayah, jangan lupa ntar pulang mampir ke tukang kembang ya, beliin kompos” atau “Tolong, ntar anterin beli pot ya”. Dan saya pikir saat itu, istri saya keji. :D Tapi…melihat hijau dedaunan di teras depan kok makin lama makin menyegarkan mata ya…akhirnya tanpa diminta pun, bahkan saya tanam sendiri pohon kamboja bunga merah. Dan sekali lagi saya kembali gagal sebagai tukang kebun…tapi saya berhasil mengambil hati istri dan membiarkan berbunga di hati saya. :D :P * *Selamat untuk kehamilan nya, mbakyu*

    • Saya sama spt istri mas Muda, minta dibelikan kompos tanaman atau pot bunga dll, karena suami pergi ngantor dengan kendaraan jadi bisa dong dimintain tolong :grin: . Terima kasih ya :Wink: .

  14. Buset dah bener bener nel..
    hebat betul dah diri kamu tapi ingat nel jangan capek capek and jongkok lo ya waktu bongkar bongkar tanam..
    sehat sehat ya bumil..

  15. happy weekend juga,Nel.blognya mengobati kerinduan akan tulisannya ,yg udah sy tunggu tunggu,he….he.tokonya jangan tutup selamanya,gimana dengan kita.,pecinta tanaman.tapi memang keluarga itu harus di utamakan.GBU.

Komentar ditutup.