Menanam Tulip di Iklim Tropis Jakarta

 

3. Media Tanam Tulip & Penyiraman

Menurut Steven:
• Berdasarkan eksperimen, sepertinya lebih baik menggunakan media tanah di campur kompos. Saya kurang tahu mengapa bibit-bibitnya bisa busuk.
• saya menyiramnya 3-4 hari sekali. Perhatikan jangan terlalu sering kena bulbnya siram lewat tepi pot aja.

Tambahan dari Nella:
• Campurkan dan berikan selapis tipis pasir kasar di atas tanah dimana bibit akan ditaruh (saya lihat metode ini dari toko-toko bunga). Pasir akan membuat bulbs lebih sejuk.
• Perhatikan drainasenya, pot harus bolong dibagian bawah sehingga air yang berlebih bisa keluar.
• Untuk menghindari bulb terkena air, biasanya yang saya lakukan adalah dengan merendam pot bunganya dalam ember berisi air (bawah potnya bolong), tahan 2-3 menit. Air akan terserap langsung ke akar, jadi bulbnya aman.

Metode Pemberian Air Tanaman yang sering saya lakukan dengan cara merendam pot tanamannya dalam air. Dengan cara ini air menyerap langsung ke akar

Metode Pemberian Air Tanaman yang sering saya lakukan dengan cara merendam pot tanamannya dalam air. Dengan cara ini air menyerap langsung ke akar

Atau kalau pot bunganya ada tatakannya, maka air saya taruh di tatakannya, air akan terserap ke akar tanamannya.

Air saya tuang ke tatakan pot tanaman, air akan terserap ke akar tanamannya langsung. Saya lakukan hal ini untuk tanaman berumbi mirip bawang seperti tulip

Air saya tuang ke tatakan pot tanaman, air akan terserap ke akar tanamannya langsung. Saya lakukan hal ini untuk tanaman berumbi mirip bawang seperti tulip

 

4. Pemupukan
Banyak sekali tulisan diinternet yang saya baca, mengatakan kalau pemberian pupuk tidak perlu, karena bibit tulip sudah memiliki makanan yang cukup didalamnya untuk mengembangkan akar dan bunganya. Jika ingin memberikan pupuk, berikan ketika tanaman sudah besar dan siap berbunga, guna pupuk disini untuk memberikan nutrisi yang cukup pada tahun berikutnya ketika akan ditanam lagi supaya keluar bunganya.

Penyebab Penanaman Tulip gagal (Busuk dan atau bakal bunga kempes):
• Umbi busuk kalau penanamannya terlalu cepat (kurang masa cold treatmentnya) tumbuh tapi rentan busuk.
• Ada super parrot tapi kurang begitu kelihatan mekarnya karena kurang masa cold treatmentnya, lalu ada Purple Prince, Blue Diamond ketiga tulip inilah yang mekarnya agak bagus. Sisanya (tulip-tulip lain) bunganya peyot.
• Tulip Gavota, Magic Lavender, Darwin xxl mekar tapi kempes bunganya
• Banyak yang gagal karena musibah banjir dan mati lampu. Bibit-bibit tulip yang di cold treatment dalam kulkas menjadi tidak tentu proses cold treatmentnya.
• Walau ada yang busuk umbinya, saya tetap pantau. Umbi tulip yang busuk saya buka lapisannya cari anakannya. Terkadang umbi luarnya busuk tapi anakannya masih sehat jadi saya pisahkan anakannya.
• 16 Feb 2014 saya bongkar umbi tulip Queen of Night, Upstar, Darwin apeldoorn, Mix Triumph. Yang Darwin Apeldoorn busuk 3, lainnya jenis kecil-kecil umbinya tidak ada yang utuh. Besar karena agak busuk jadi harus cepat di pisahkan anaknya. Upstar busuk 3, sisanya juga umbi kecil saja. Mix triumph yang utuh 3, sisanya umbi kecil. Queen utuh 2, sisanya jadi kecil.

Anakan Umbi-umbi tulip yang berhasil di selamatkan dari induknya yang busuk. Tulipnya Steven di Jakarta. Foto 17.02.2014

Anakan Umbi-umbi tulip yang berhasil di selamatkan dari induknya yang busuk. Tulipnya Steven di Jakarta. Foto 17.02.2014

 

• Parrot busuk 1, Darwin xxl busuk 3 yang ini sudah tidak bisa di selamatkan sudah sampai bolong ke dalam. Sedih deh 🙁 . Gpp harus belajar, kalau tidak mencoba tidak akan mengerti 😉 .

Berikut ini foto-foto tulipnya Steven dari muncul tunasnya hingga mekar:

 

Berikut ini mekarnya cantik deh 🙂

 

Dear Steven terima kasih ya sudah berbagi pengalamanmu, jangan kapok kalau saya tanya-tanya lagi yaa 😉 .

 

Bagi yang ingin beli bibit tulip silakan klik bibit tulip 2016

*comments off

 

Artikel lain mengenai menanam tulip di Indonesia:
Menanam Tulip di daerah Tropis (Tangerang – Indonesia)
How to Grow Tulips in Warm Climates
TULIP Khatulistiwa

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Sumber:
Pengalamannya Steven di Jakarta
• http://www.ecotulips.com How to Grow Tulips in Warm Climate
Panduan Penanaman Tulip Weekendgardener

 

Tulisan terkait:
Tulip Bermekaran di Taman Kota
Black Parrot – Tulip Kakatua Hitam
Mekarnya Tulip Darwin Hybrid Salmon Imp.
Memotret Bunga Tulip
Tulip Berbau Permen
Tanamanku Subur Menggila karena ..
Lihat Kebunku Penuh dengan Bunga

 

Kalau suka dengan artikel ini, bagikan ke teman-temanmu ya.
Tidak sampai 10 detik ko untuk menekan tombol share dibawah ini.
Because share is care! – Terima kasih 🙂

 

No Responses

error: Content is protected !!