Membeli Bunga Mawar Sekaligus Berdonasi

Membeli Bunga Mawar Sekaligus Berdonasi. Kapan terakhir kali Anda membeli bunga untuk orang yang Anda sayangi?. atau mungkin menghadiahi diri Anda sendiri?. Pernahkah terpikir kalau bunga yang kita beli asalnya berpuluh kilometer dari tempat tinggal kita?.

Fairtrade-Rose (Foto: dok. pribadi). Membeli Bunga Sekaligus Berdonasi

Fairtrade-Rose (Foto: dok. pribadi)

Bunga adalah salah satu yang paling sering dibeli untuk berbagai kesempatan khusus. Sementara banyak orang mengagumi keindahan bunga potong, sedikit berpikir tentang di mana bunga potong diproduksi.

Terakhir kali saya membeli bunga potong (mawar) adalah bulan Februari lalu, biasanya setiap seminggu atau dua minggu sekali, ketika suami dan saya berbelanja ke supermarket, kami membeli bunga potong. Di Jerman bunga potong tidak mahal. 10 tangkai bunga potong jenis mawar harganya hanya 1.99 Euro. Bulan Maret dan April saya absen membeli bunga, karena memang disupermarket sedang tidak tersedia bunga-bunga seperti yang biasa saya beli.

Orang Belanda adalah yang pertama menghasilkan bunga untuk lelang, dan mulai mengekspor pada awal tahun 1600. Hari ini, setengah dari bunga dunia tumbuh di Belanda, dan jumlah bunga Belanda yang dijual 19 juta bunga per hari. Sebagian bunga potong diproduksi dan diekspor oleh negara-negara berkembang seperti Kenya, Tanzania, Kolombia, dan Ekuador. Industri bunga di negara berkembang merupakan sumber pendapatan penting bagi banyak orang. Namun sayangnya, slogan populer „cinta dan kasih sayang“ seringkali menempatkan para pekerja dan lingkungan dalam risiko tinggi, akibat penggunaan bahan kimia dan tenaga kerja yang tidak wajar.

Pada kesempatan ini, saya membeli bunga yang ada logo Fairtrade, harga buket bunga ini 3.69 Euro. Ya lebih mahal sedikit dari bunga yang biasanya saya beli, namun beberapa cent dari harga buket bunga tersebut, kita sudah ambil andil untuk membantu kesejahteraan petani bunga yang berada jauh dari Jerman. Ya hitung-hitung ber-amal ya 😉 .

Apakah Fairtrade?

Fairtrade adalah sebuah pendekatan alternatif untuk perdagangan konvensional. Hal ini didasarkan pada kemitraan antara produsen dan konsumen. Fairtrade menawarkan petani dan buruh dalam hal meningkatkan perdagangan, yang memungkinkan mereka untuk memperbaiki kehidupan mereka.

Untuk konsumen seperti saya, Fairtrade adalah salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi kemiskinan melalui belajaan kita setiap hari. Sistem Fairtrade juga adalah salah satu gerakan global terbesar dan paling beragam dengan ribuan hubungan di lebih dari 90 negara. Fairtrade mengambil pendekatan holistik keberlanjutan yang berfokus pada peningkatan kondisi ekonomi, sosial dan lingkungan untuk jangka panjang.

Membeli Bunga Sekaligus Berdonasi

Kode 2765 Buket mawar Finlay dari Kenya (Foto: dok. pribadi)

Standar Fairtrade membantu melindungi pekerja dan memastikan kondisi kerja yang aman. Fairtrade menetapkan bahwa gaji harus sama dengan atau lebih tinggi dari rata-rata regional atau upah minimum, seperangkat peraturan keselamatan membatasi penggunaan bahan kimia pertanian dan melarang penggunaan pestisida yang dilarang.

Membeli Bunga Sekaligus Berdonasi

Kode 2765 Buket mawar Finlay dari Kenya (Foto: dok. pribadi)

Oh ya, ada etiket tergantung di salah satu tangkai bunga mawar, tertera kode 2765, saya cari kode tersebut di websitenya Fairtrade, ternyata buket mawar yang saya beli berasal dari Finlay dari pertanian bunga Kenya di Afrika Timur.

Pertanian bunga Finlay Bunga Kenya
Finlay memiliki dua pertanian bunga yang berbeda yang luasnya lebih dari 100 hektar, terletak di Afrika Timur dataran tinggi Kenya dekat kota Kericho. Bunga segar diangkut dengan pesawat langsung ke Jerman. Dibawah ini kita bisa melihat dokumentasi, bagaimana bunga mawar dari Kenya di sampai ke supermarket di Jerman.

 

Agar Mawar Berbunga Lebat Pakai Pupuk Alami dari Kulit Bawang Merah

Catatan: Fairtrade-Mawar ukurannya lebih besar dari bunga yang biasa saya beli, dan ada 3 warna bunga yang berbeda ;-).

Sumber: info.fairtrade.net

Baca juga:
• Bunga Mawar Koleksiku
• Taman Mawar di Lottum Belanda

 

Baca juga: Klik disini semua postingan kebun emaknya Benjamin

Demikianlah cerita saya mengenai Membeli Bunga Mawar Sekaligus Berdonasi. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

8 Comments

  1. pursuingmydream September 17, 2012
  2. aqila September 17, 2012
  3. pursuingmydream June 10, 2012
  4. farida June 10, 2012
  5. pursuingmydream June 6, 2012
  6. pursuingmydream June 6, 2012
  7. hunnihonning June 6, 2012
  8. giewahyudi June 6, 2012
error: Content is protected !!