Tanaman Ketumbar Siap Panen

Tanaman Ketumbar Siap Panen. Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm.

Tanaman Ketumbar, Coriander, Koriander umur beberapa hari

Merupakan tanaman semusim artinya tanaman akan mati setelah panen.

Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.

Saya baru tahu loh! Kalau daun ketumbar bisa juga digunakan pada masakan, daunnya yang mirip seledri sering digunakan untuk taburan pada sup dan salad khas Thailand.

Daun Ketumbar (Coriander leaves) Seperti Seledri.

Di awal bulan Juli tanaman ketumbar saya daunnya mulai layu berikut batangnya dan mulai berwarna coklat, biji-bijinya juga. Awalnya saya kira karena kebanyakan air, karena hampir tiap hari hujan. Musim panas tapi sering hujan!.

Tanaman Ketumbar Siap Panen

Daun dan Batang ketumbar mulai layu dan berubah warna

Karena baru pertama kali ini saya tanam ketumbar (dari bibit / biji), maka bertanyalah saya ke Organic home gardening jawabannya: „.. akan seperti itu, nanti batang dan daunnya mulai coklat bareng dengan buah juga. o ya, banyak juga ketumbar ditanam untuk diambil daunnya. yang banyak dijual di supermarket justru daunnya. tom yam dari thailand yang bikin enak karena daun ketumbarnya, akarnya juga enak untuk bumbu“.

Tanaman Ketumbar. Coriander, Koriander yang sudah Berbunga

Manfaat Ketumbar:
• Ketumbar seperti tanaman bumbu lainnya mengandung Antioksidan biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).
• Yang diambil dari ketumbar adalah dari daun, biji, dan buah. Dari semua bagian itu terdapat kandungan berupa sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.

• Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.
• Penggunaan ketumbar bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti ditumbuk halus dan direbus, baik untuk pengobatan luar, maupun dalam.

• Informasi lainnya mengenai ketumbar silakan baca http://en.wikipedia.org/wiki/Coriander

Video Tanaman Ketumbar Siap Panen

Artikel Berkebun lainnya klik disini

Sumber: Wikipedia dan Organic home gardening

 

Bagi yang berminat membeli bibit ketumbar klik disini.

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

15 Comments

  1. Iswandi October 31, 2013
  2. pursuingmydream August 20, 2012
  3. lisevonkrogh August 20, 2012
  4. pursuingmydream August 4, 2012
  5. qq August 4, 2012
  6. joyolandoh August 1, 2012
  7. pursuingmydream July 31, 2012
  8. joyolandoh July 31, 2012
  9. cumakatakata July 26, 2012
  10. pursuingmydream July 26, 2012
  11. cumakatakata July 26, 2012
  12. pursuingmydream July 26, 2012
  13. cumakatakata July 26, 2012
  14. pursuingmydream July 26, 2012
  15. rita July 26, 2012
error: Content is protected !!